3 Trik Jitu Mengatasi Ruang Penyimpanan Android Yang Hampir Penuh

by Ummy Tsabit on September 17, 2015

Sepertinya, tak peduli merek dan berapa harga smartphone yang digunakan, sebagian besar pengguna sering mengeluhkan masalah terbatasnya ruang penyimpanan. Entah itu update dari Google Play Store, data map offline, game berskala berat, foto, music, atau yang lainnya seringkali mengambil banyak ruang penyimpanan.

ruang penyimpanan hampir penuh

Selain membuat kinerja smartphone bertambah lambat, ruang penyimpanan file yang penuh juga bisa menghentikan ponselmu untuk melakukan update aplikasi dan mengambil foto yang baru. Agar kamu tidak kehabisan ruang penyimpanan dan bisa tetap nyaman menggunakan smartphonemu, ikuti trik-trik berikut ini :

Rajinlah membersihkan penyimpanan internalmu

Penyimpanan internal alias internal storage utamanya digunakan untuk tiga hal :

  • Data aplikasi
  • Data sesampahan (baik system cache atau app cache)
  • Data pengguna (foto, music, video, rekaman suara, dan lain-lain)

Untungnya, kamu bisa mengontrol ketiga hal ini. Luangkan sedikit waktu untuk membersihkan dan menghapus aplikasi yang jarang atau tidak digunakan lagi, aplikasi bloatware, dan file-file yang tidak terlalu penting, dan menghapus apapun yang sudah tidak kamu suka atau butuhkan lagi.

Jika kamu tidak punya banyak waktu, atau tidak mau repot-repot menghapusnya satu per satu, maka kamu bisa menggunakan aplikasi khusus untuk melakukan tugas berat ini untukmu. Contohnya saja, kamu bisa menggunakan aplikasi SD Maid yang akan mengotomatisasi segala proses pembersihan dan ES File Explore akan menggerus system file Androidmu dan akan memintamu untuk membersihkan file yang tersisa dari aplikasi yang telah kamu copot pemasangannya (uninstall). Ada pula aplikasi Clean Master atau DU Speed Booster yang akan memberikanmu peringatan tentang file-file apa saja yang banyak memakan daya dan jarang kamu gunakan.

Jika kamu masih sayang untuk menghapus sebagian data penggunamu, kamu juga dapat memindahkannya ke perangkat lain untuk membebaskan sebagian ruang penyimpanan. Misalnya saja, folder DCIM, music, dan video bisa disimpan di komputermu untuk menjaga kemanannya.

Untuk melakukannya, hubungkan ponselmu ke komputer menggunakan kabel USB dan unlock ponselmu. Pindahkan folder atau file-file yang tidak terlalu kamu butuhkan di ponselmu ke komputer. Jangan lupa pula untuk mengecek semua foldermu, karena bahkan folder WhatsApp bisa saja penuh dengan gambar tersimpan yang sudah dilupakan.

Dapatkan kembali SD card

Meskipun Google berupaya untuk membatasi penggunaan ekspansi memori menggunakan kartu SD, namun alat penyimpan memori yang bisa diupgrade ini tetaplah selalu menjadi sepopuler biasanya. Dan bahkan meski smartphonemu tidak menyediakan slot SD card sekalipun, kamu masih bisa menggunakan kartu SD untuk menambah ruang penyimpananmu.

Menggunakan micro SD card yang tepat untuk penyimpanan tambahan memanglah tidak selalu mulus, namun tetap akan membantu menghemat ruang penyimpanan ponsel yang terbatas. Jika ponselmu menyediakan slot micro SD, maka kamu bisa menyimpan foto atau musik didalamnya, dan membiarkan internal storage untuk digunakan menyimpan file dan aplikasi yang penting saja.

Jika ponselmu tidak memiliki slot micro SD card, kamu masih bisa menggunakannya melalui USB OTG atau dengan bantuan micro SD card Adapter. Dan kamu bisa menempelkan adaptor ke kunci yang kamu punya agar bisa dibawa ke mana saja. Selain itu, Android terbaru Marshmallow akan memungkinkanmu untuk sekali lagi memperlakukan kartu SD card seperti halnya penyimpanan internal, dan bahkan Android Lollipop akan membolehkanmu memasukkan SD card kedalam adaptor dan mentransfer koleksi foto atau musik kedalamnya.

Kamu juga bisa memasukkan beberapa aplikasi ke eksternal storage, namun hal itu cukup merugikan karena bagaimana Androidmu akan melakukan sinkronisasi sebuah aplikasi jika ia disimpan dalam adaptor yang ada di saku bajumu? Menggunakan SD card untuk menyimpan musik, video, foto, dan dokumen mungkin akan lebih masuk akal.

Cobalah gunakan Cloud

Jika koleksi foto dan musik adalah pelahap memori terbesarmu, maka cukup kirimkan mereka semua ke layanan cloud. Aplikasi seperti Google Photos akan menawarkan penyimpanan gratis tanpa batas untuk semua foto-fotomu selama hidupmu, sepanjang datanya berukuran 16 MP atau dibawahnya. Google Photos juga akan memungkinkanmu untuk menyimpan video tanpa batas dengan resolusi 1080 piksel secara gratis. Selain Google Photos, masih ada banyak lagi pilihan layanan cloud storage backup seperti Drop Box, iCloud, dan Goggle Drive.

Ada pula Google Play Music yang juga memungkinkanmu untuk menyimpan koleksi lagu favoritmu via online, meski tidak begitu sederhana untuk mengupload musik yang sebelumnya telah kamu peroleh diluar layanan Google. Kamu juga bisa melakukan streaming musik online via Spotify, SoundCloud, atau iHeartRadio. Namun, dengan memainkan koleksi lagumu menggunakan aplikasi ini akan banyak memakan data internetmu.

Jika kamu ingin mengupload koleksi musikmu ke Google Play Music untuk membersihkan ruang penyimpanan di ponselmu, kamu akan membutuhkan aplikasi pendukung atau Chrome extension untuk PCmu. Kamu bisa mendapatkan instruksi untuk mengupload perpustakaan musikmu ke Play Music didalam aplikasi itu sendiri dengan cara pergi ke Music > Add Music. Selanjutnya kamu bisa mengupload hingga 50.000 trek lagu dari koleksi MP3 mu untuk diambil melalui aplikasi Android.  Kamu juga bisa membuat album yang kamu pilih agar bisa dimainkan secara offline dengan cara menandainya (pin).

Jadi, dengan melakukan ketiga trik di atas, kamu tidak akan lagi khawatir jika kehabisan ruang penyimpanan. Kamu bisa memilih salah satu dari trik-trik tersebut, mana yang paling sreg dan cocok bagimu.

Comments on this entry are closed.