4 Aplikasi Screen Recorder Android Tanpa Root

by Ummy Tsabit on December 5, 2015

Merekam apa yang terjadi pada layar smartphonemu tentu akan sangat menyenangkan. Kamu bisa merekam game favoritmu, membuat tutorial atau demonstrasi video, atau cara memperbaiki suatu error atau masalah dengan menggunakan screen recorder. Biasanya, merekam layar (screen recording) dilakukan melalui komputer PC, namun Android ternyata juga memiliki kemampuan untuk merekam layar.

aaplikasi az screen recorder

Kamu bisa menemukan banyak aplikasi khusus untuk merekam layar di Google Play Store. Meski begitu, kebanyakan dari aplikasi ini rata-rata membutuhkan akses root. Jika perangkatmu sudah di root, tentu kamu bisa menggunakan aplikasi mana saja untuk bisa merekam layar. Namun, jika ternyata perangkatmu tidak di root, maka kamu jangan khawatir, karena masih ada beberapa aplikasi screen recorder tanpa root yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar, asalkan kamu sudah menggunakan Android versi Lollipop (5.0) atau lebih tinggi. Berikut ini akan kami ulas mengenai 4 aplikasi screen recorder pilihan tanpa root yang bisa kamu jadikan pilihan :

1. AZ Screen Recorder

Aplikasi screen recorder yang akan kita bahas pertama kali adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi ini dirancang khusus untuk Android Lollipop dan tidak membutuhkan adanya akses root untuk bisa bekerja. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi screen recorder yang paling kaya fitur. Beberapa fitur unggulannya meliputi HD recording, pemilihan resolusi video, magic button yang akan menghilangkan hal-hal yang tidak perlu dan hanya berfokus pada apa yang penting, perekaman secara berkelanjutan (simultan) melalui kamera depan, pemotongan bagian video yang tidak perlu, penghitung waktu mundur, menggambar pada layar, dan masih banyak yang lain. Dan yang paling menarik, aplikasi ini bebas iklan dan tidak membuat tanda air (water mark) pada video.

2. ADV Screen Recorder

ADV merupakan salah satu aplikasi perekam layar yang mendapatkan rating tertinggi di Google Play Store. Ratingnya pun cukup tinggi, mencapai 4.5 poin. Seperti halnya aplikasi lain yang terdapat dalam daftar ini, ADV juga bisa langsung bekerja hanya lewat satu tap saja, dan bisa merekam layar dalam kualitas HD. Set fiturnya meliputi advanced recording engine, pemangkasan video, penghentian sementara proses perekaman layar (pause), menambahkan teks dan banner yang bisa dikostumisasi, menggunakan baik kamera depan atau belakang selama merekam layar, dan yang lainnya.

3. Explain IT

Explain IT adalah aplikasi perekam layar yang terbilang cukup baru, dan sedikit berbeda dari aplikasi perekam layar lain yang ada dalam daftar ini. Explain IT akan bekerja layaknya papan tulis putih, dimana kamu bisa menulis pada layar menggunakan jarimu. Banyak sekali warna yang tersedia beserta dengan penghapus dan semua hal lain yang diperlukan. Kamu juga bisa merekam suaramu sembari menulis pada layar. Explain IT bisa sangat berguna dalam situasi dimana kamu perlu untuk menjelaskan sesuatu ke seseorang.

4. iLos Screen Recorder

iLos Screen Recorder khusus dirancang untuk Android versi Lollipop 5.0 dan keatas. Jadi, Android Lollipop adalah persyaratan minimum untuk bisa menjalankan aplikasi ini. Aplikasi ini hampir mirip dengan AZ Screen recorder, karena keduanya memiliki fitur-fitur yang serupa. Namun jika kamu mau membeli aplikasi yang versi berbayar, maka kamu bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari ekosistem iLos karena kamu juga bisa mendapatkan screen recorder untuk Windows, Mac, dan Linux.

Comments on this entry are closed.