5 Fungsi Lain Kamera Smartphone Android

by aries on August 22, 2014

Tahukah kamu, kamera smartphone Android tidak hanya berguna untuk memotret, ber-selfie ria dan mengabadikan momen-momen berharga saja. Lebih dari itu, ternyata kamera smartphone Android memiliki fungsi lain yang tidak kita duga selama ini. Fungsi apa sajakah itu? Berikut adalah pemaparan lengkapnya:

5 Fungsi Lain Kamera Smartphone Android

1. Scanner

Jika kamu memiliki smartphone Android yang memiliki kamera dengan resolusi yang tinggi, minimal smartphone dengan kamera 8MP, maka kamu bisa memanfaatkan kamera tersebut sebagai pemindai alias scanner. Kamu bisa memindai data yang kamu punya, dan merubahnya ke format yang lain seperti PDF, PNG, atau yang lainnya. Cara pemindaiannya dengan menginstall terlebih dahulu OCR Instally Free untuk memotret gambar, lalu gambar tadi akan dirubah menjadi barisan teks. Dengan demikian kamu tidak perlu repot-repot mengetik ulang teks di laptop atau sejenisnya. Mudah dan simpel kan?

2. Mencari lokasi menarik

Dengan menginstal aplikasi penanda lokasi seperti Yelp, kita bisa menemukan lokasi menarik ditempat yang kebetulan kita singgahi.

3. Mencari informasi gambar atau benda menarik

Lewat kamera smartphone, kita bisa mendapatkan info gambar atau benda yang menarik melalui layanan Google Goggles. Jika aplikasi tadi sudah terinstall, kamu tinggal mengarahkan kamera pada objek atau benda tertentu dan bisa mendapatkan informasi lengkap seputar objek tersebut dalam waktu yang relative singkat.

4. Penerjemah bahasa

Sebelumnya, kamu harus menginstall Google Translate terlebih dahulu. Lalu, pilih ikon kamera. Arahkan kamera pada tulisan berbahasa asing yang ingin kamu terjemahkan. Selanjutnya, Google Translate akan menerjemahkan bahasa tadi ke dalam bahasa lain yang kamu inginkan.

5. Membaca kode QR

Quick Response Code atau yang lebih disingkat dengan QR merupakan kode unik yang biasanya berupa gambar yang memuat informasi tentang sebuah produk. Kamu bisa membaca QR code lewat kamera dengan menginstall aplikasi pembaca QR code yang banyak tersedia di Google Play Store. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa mendapatkan info secara lengkap mengenai sebuah produk. Kamu juga bisa membuat QR code sendiri untuk mengamankan akun pribadi, dengan menggunakan Google Authenticator.

Comments on this entry are closed.