5 Tips Melindungi Matamu Saat Menggunakan Smartphone

by Ummy Tsabit on October 12, 2015

Sudah bukan rahasia lagi bahwa menatap layar digital dari jarak dekat seharian penuh bisa menimbulkan efek negatif pada matamu. Lagipula, hal tersebut sudah sering dipesankan pada kita sejak kita masih kecil. Ingat tidak, orangtuamu pasti sering bilang, “Jangan duduk dekat-dekat saat nonton TV”. Dan segala sesuatunya tak jauh berbeda untuk saat ini, bedanya cuma terletak pada sekarang sudah bukan jamannya nonton TV lagi, melainkan smartphone.

melindungi mata dari sinar smartphone

Hampir setiap orang, entah kaum muda atau para orang tua, hingga anak kecil sekalipun, semuanya kini menghabiskan sebagian besar waktunya baik siang atau malam untuk menatap layar smartphone mereka. Jika kamu mempedulikan akan kesehatan matamu, dan tidak menginginkan munculnya efek negatif akibat terlalu lama terpapar sinar biru smartphone, berikut ini akan kami ulas tentang bagaimana cara melindungi matamu saat menggunakan smartphone :

1. Atur tingkat kecerahan layar

Hal pertama dan terpenting untuk dilakukan adalah untuk mengurangi tingkat kecerahan layar berdasarkan kondisi di sekitarmu. Pengaturan kecerahan yang terlalu rendah atau terlalu banyak bisa membuat stress matamu dan bisa menyebabkan masalah dalam mempertahankan fokus. Untuk mengatur kecerahan smartphone berdasarkan lingkungan sekitar, caranya pergi ke opsi Setting > Display, lalu nyalakan auto brightness. Sekarang, kecerahan layarmu akan diatur secara otomatis tergantung pada cahaya disekitarmu. Pilihan lain adalah dengan menggunakan aplikasi yang mengatur dan mengawasi kecerahan layar yang lebih baik daibandingkan dengan settingan default dari smartphonemu. Ada beberapa aplikasi terbaik untuk meredupkan layar Android dan menjaga matamu dari kerusakan yang tersedia di Play Store, seperti Lux, Corbets, dan IntelliScreen.

2. Pegang smartphonemu dalam jarak yang cukup jauh

Hal ini mungkin tampak sedikit aneh, yakni memegang smartphonemu dari jarak jauh, tapi trik ini dapat membantu banyak. Rata-rata, pengguna memegang ponselnya hanya berjarak sekitar 8 inchi dari wajah mereka. Cobalah untuk meletakkan ponsel paling tidak pada jarak 15 inchi dari matamu. Jika kamu merasa kesulitan dalam membaca teks, kamu bisa menyiasatinya dengan meningkatkan ukuran font dan teks dari menu Setting. Mungkin ini akan tampak kikuk untuk pertama kalinya, namun begitu kamu sudah terbiasa, hal ini akan banyak membantumu.

3. Terapkan peraturan 20-20-20

Aturan 20-20-20 juga bisa cukup efektif. Apa yang disarankan oleh aturan ini adalah, daripada kamu menatap terus menerus layar smartphonemu sepanjang waktu, maka ambil jeda dalam interval waktu yang teratur. Setelah setiap 20 menit menatap layar smartphone, maka ambil jeda selama 20 detik, dan lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki jauhnya. Dengan melakukan hal ini, akan mengakibatkan relaksasi pada otot matamu.

4. Kedipkan matamu sering-sering

Berdasarkan sebuah penelitian, kita akan cenderung mengedipkan mata sekitar tiga kali lebih sedikit daripada yang biasanya ketika kita sedang asyik menatap layar smartphone. Dengan lebih sering mengedipkan mata, akan menjaga matamu tetap lembab dan mengurangi kekeringan. Jadi, jaga matamu tetap lembab dengan sering berkedip saat menatap layar smartphone.

5. Dapatkan lapisan pengamanan

Jika kasusnya smartphonemu tidak memiliki lapisan pelindung layar seperti Corning Gorilla glass atau lapisan pelindung layar lainnya yang memiliki fitur anti silau, maka kamu bisa membeli sendiri lapisan anti silau dan taruh secara hati-hati di layar smartphonemu. Hal ini bisa mengurangi kesilauan layar. Dan jika kamu memakai kacamata, maka kamu juga bisa melapisi kacamatamu dengan lapisan anti silau.

Comments on this entry are closed.