5 Tips Memilih Screen Guard

by Siti Eka Kurniati on December 17, 2015

Display atau tampilan layar sebuah smartphone atau tablet pastinya adalah hal utama yang bisa menunjukkan kualitas sebenarnya dari sebuah gadget. Mulai dari ukuran layar, resolusi, tingkat kepadatan layar, hingga teknologi layar yang diterapkan sangatlah menentukan. Maka untuk itu, kita harus menjaga keamanan dan kualitas dari touch screen perangkat yang kita miliki agar tetap terlihat bersih, jernih, dan aman dari goresan. Penggunaan pelindung layar atau yang biasa disebut dengan Screen Protector atau Screen Guard pun menjadi salah satu aksesoris ponsel yang paling populer dan utama di kalangan pengguna.

tips memilih screen guard

Namun sayangnya, sangat sulit untuk memilih jenis screen guard yang tepat bagi smartphone yang kita miliki, terutama karena sekarang banyak sekali pilihan yang tersedia di pasaran. Jika di artikel sebelumnya telah diulas tentang cara merawat dan melindungi Touch Screen agar tak mudah rusak, maka pada ulasan kali akan kita akan bahas tentang 5 Tips memilih Screen Guard ataupun Screen Protector Smartphone yang Tepat :

1.Jangan memilih Screen Guard Anti-Spy

Screen Guard ini lebih dikenal dengan pelindung layar yang berwarna hitam. Meski dengan menggunakan Screen Guard Anti-Spy membuat orang lain kesulitan untuk mengintip atau membaca aktivitas apa yang sedang kamu lakukan di ponselmu (karena jika dilihat dari bagian samping, kamu hanya akan melihat lembaran berwarna hitam), namun pemakaian pelindung layar ini dapat menyebabkan pengurangan sensitivitas pada layar disebabkan ukurannya yang lebih tebal dari pelindung layar biasa, sehingga kita harus sedikit menekan dengan kuat agar Touch Screen bisa merespon seperti biasanya dan juga bisa mengurangi tingkat kecerahan layar.

2.Jangan pilih Screen Guard jenis thin-style

Screen Guard ini menggunakan bahan plastik ekstra tipis sehingga bisa dibilang hampir tidak kelihatan jika kamu menggunakan pelindung layar. Namun, penggunaanya bisa saja tidak berguna karena bahan Screen Guard yang terlalu tipis menyebabkan screen guards mudah tergores dan tidak ada bedanya antara memakai screen guard atau tidak.

3.Waspadai Screen Guard Universal

Screen guard universal bisa berdampak negatif karena tidak ada kesesuaian ukuran layar dengan ukuran Screen Guard. Dan tentunya spesifikasi layar tiap Gadget berbeda danĀ  tidak bisa mendapat perlakuan yang sama. Jadi, sebaiknya pilih screen guard yang sesuai dengan jenis merek dan ukuran ponselmu agar bisa menempel dengan pas.

4. Pakai Screen Guard khusus untuk Gorilla Glass dan Sejenisnya

Gorilla Glass adalah teknologi layar yang tahan gores dan tahan bara api yang kecil, namun apabila Screen Guard yang digunakan untuk melapisi Gorilla Glass ternyata tidak lebih kuat maka justru akan merugikan Gorilla Glass. Karena apabila Screen Guard terbakar maka akan menimbulkan efek bekas yang buruk pada Gorilla Glass.

5. Pilihlah Screen Guard jenis Anti-Glare atau Temperred Glass

Screen Guard anti-glare ini anti silau, anti minyak dan mempunyai sensitifitas yang bagus sehingga akan melindungi layar secara optimal. Selain itu, meski harga screen guard jenis Temperred Glass relatif lebih mahal, namun itu bisa mengurangi bekas sidik jari dan memberikan pengurangan silau dan perlindungan anti gores yang lebih baik daripada yang berbahan plastik biasa.

Demikian kawan yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat. Karena kata teman sih layar itu mahal harganya jadi dirawat betul yaa. Dan jangan lupa tetap teliti dalam memilih Screen Guard yang tepat.

Comments on this entry are closed.