5G, Semakin Cepat Semakin Melesat

by aries on March 22, 2015

Belum lama Indonesia mengadopsi teknologi jaringan telekomunikasi terbaru 4G, kini telah hadir generasi yang lebih baru lagi dan lebih canggih, 5G. Lalu, apa makna dari 5G itu sendiri? ‘G’ sendiri merupakan singkatan Generasi, yang berarti 5G adalah jaringan wireless yang berbasis teknologi generasi ke lima. Teknologi terbaru ini diklaim mampu mendownload data hingga kecepatan 1Gbps. Menurut informasi dari Profesor Andy Sulton, jaringan 5G nantinya akan terdiri dari sejumlah sel yang mendukung kecepatan tertinggi antara 10-100 Gbps dengan menggunakan teknologi yang disebut dengan istilah ‘Low latency’, yang berarti data akan diambil 1-10 milidetik lebih cepat dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, 4G dengan kecepatan 40-60 milidetik.

teknologi 5G

Tentu adanya terobosan terbaru ini akan sangat menguntungkan bagi para penggemar download atau yang suka menonton video dengan resolusi HD melalui internet. Karena diperkirakan, sebuah film yang memiliki ukuran 1 GB misalnya, langsung bisa didownload hanya dalam waktu ‘satu’ detik saja. Mengesankan bukan? Di tahun 2020 nanti, diharapkan sekitar 50 miliar perangkat elektronik akan terhubung dengan teknologi 5G ini dan sudah diintegrasikan dengan IoT (Internet of Things).

Melalui teknologi ini, nantinya para pengguna smartphone dapat langsung terhubung dengan laptop atau computer PC cukup dengan mengguankan akses internet broad band.  5G juga akan kompatibel dengan semua perangkat elektronik yang lain. Teknologi jaringan internet terbaru ini akan mampu memberikan 1000 kali lipat kapasitas dibandingkan dengan jaringan 4G. kemampuan akses datanya juga akan meningkat 10-100 kali lipat dari jaringan internet pedahulunya. Meski super cepat, 5G dikalim akan menggunakan konsumsi energy yang lebih hemat hingga 90%. Para pengguna juga bisa memilih salah satu dari bandwidth yang berbeda, guna menghindari overload frekuensi. Para penemunya mengklaim, bahwa teknologi ini juga unbreakable, yang berarti tidak akan ada penurunan dalam masalah komunikasi. 5G juga dijamin memiliki kecepatan upload dan download yang konsisten dan stabil. Kira-kira, kapan Indonesia akan bisa menikmati teknologi ini? Kita tunggu saja!

Comments on this entry are closed.