6 Aplikasi Windows Phone Pilihan Karya Anak Bangsa

by aries on September 18, 2014

Meski aplikasi yang terdapat pada Windows Store, tidak sebanyak yang ada di Play Store atau iOS Store, namun kini mulai banyak pengembang yang melirik Windows Store. Bahkan beberapa pengembang aplikasi di dalamnya, telah mendapatkan penghargaan dari kalangan internasional dan memperoleh ulasan yang baik. Berikut adalah beberapa aplikasi pilihan yang merupakan buah karya anak dalam negeri:

6 Aplikasi Windows Phone Pilihan Karya Anak Bangsa

  1. KBBI

Aplikasi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), sangat cocok dijadikan acuan bagi kamu yang mencari referensi kata atau frase baku dalam bahasa Indonesia. Lebih menariknya lagi, ada dua aplikasi KBBI yang bisa kamu peroleh di Windows Phone Store. Masing-masing dikembangkan oleh I Putu Yoga dan Yayasan Bina Pengusaha Muslim. Di dalamnya terdapat puluhan ribu kata bahasa Indonesia yang lengkap. Keunggulan dari aplikasi ini adalah, kita bisa menggunakannya secara offline. Disertakan pula kolom pencarian kata dan berbagai indeks kata yang disusun berdasarkan urutan abjad.

  1. Near Us

Aplikasi buatan Muhammad Assegaf ini, sangat membantu kita dalam menemukan tempat-tempat strategis dan fasilitas umum yang terdapat didaerah sekitar tempat kamu berada. Untuk mencari lokasi, tinggal gunakan fungsi Search atau tekan kategori yang hendak dicari. Kategori yang disediakan mencakup berbagai macam tempat, seperti rumah sakit, ATM, masjid, POM bensin, sekolah, dan masih banyak yang lainnya.

Berhubung aplikasi ini berbasis lokasi, maka tentu kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Lokasi pada smartphonemu. Jika ingin tahu lebih detil mengenai letak suatu tempat, maka kamu bisa menekan alamat tempat yang sudah ditampilkan. Nantinya, secara otomatis aplikasi Maps akan terbuka dan menunjukkan arah menuju lokasi tersebut.

  1. Galactic Rush

Galactic Rush merupakan aplikasi game bertema endless-run yang dikembangkan oleh Simpleton yang berasal dari Indonesia. Game yang bertema luar angkasa ini memiliki tampilan yang sederhana. Meski begitu, animasinya keren-keren dengan berbagai karakter dan tampilan latar yang menarik.

Cara memainkannya juga mudah. Kamu hanya dipersilahkan membuat karakter yang kamu pilih untuk berlari, bergulung, dan melompat untuk mendapatkan poin-poin yang berserakan di sepanjang rute permainan. Setelah menyelesaikan beberapa misi dan mendapatkan poin tertentu, kamu dapat mengganti karakter manusia dengan pilihan karakter makhluk luar angkasa.

  1. Photo Wheater

Aplikasi ini berguna untuk memberikan informasi seputar cuaca di daerah sekitarmu. Informasinya akan ditampilkan secara real-time berupa lokasi dimana kamu berada, serta kondisi suhu dan cuaca terkini. Yang menarik, kamu juga bisa menambahkan foto pada info yang ditampilkan tadi, sehingga akan lebih menarik di saat kamu akan berbagi dengan yang lain. Caranya, gunakan fungsi Capture untuk mengambil gambar atau menggunakan gambar yang ada di Gallery.

  1. Tales of Marble

Game yang terinspirasi dari permainan tradisional tanah air ini (kelereng), pernah menjadi pemenang untuk kategori Puzzle & Trivia pada acara Mobile Game Developer War tahun 2013 silam. Game ini terbilang unik, karena bisa membawa kita kembali mengenang permainan pada masa kanak-kanak dahulu pada generasi tahun 90-an ke bawah. Cara memainkannya pun sama dengan konsep permainan kelereng pada umunya. Kamu harus mengeluarkan beberapa kelereng yang terdapat dalam sebuah lingkaran atau segitiga dengan mengarahkannya secara tepat. Agar lebih menantang, terdapat beberapa hambatan yang siap menghalangi seperti, batu, rumpun atau pasir. Kamu harus jeli mengatur kekuatan lontaran kelereng supaya terhindar dari halangan yang ada.

  1. Momento

Aplikasi editing foto buatan pengembang Madina Technologies ini mendapatkan prestasi dengan menjadi juara pada kompetisi VservĀ  Mobile App & Game Competition serta menjadi runner-up dalam sebuah kompetisi yang diadakan Microsoft, Imagine8 Mission. Dengan Momento, kamu bisa menambahkan berbagai macam efek, stiker, efek, serta momen pada saat foto dipotret, atau pada beberapa kumpulan foto yang sudah ada. Aplikasi ini juga mendapat perhatian yang cukup besar dari dalam maupun luar negeri, dengan jumlah unduhan yang lebih dari satu juta kali.

Itulah beberapa aplikasi Windows Phone karya anak negeri. Selain itu, saudara kita juga ada yang mengembangkan aplikasi edukasi untuk anak usia dini, namun untuk sistem operasi Android.

Comments on this entry are closed.