6 Info Penting di Game Smartphone

by aries on February 12, 2015

Dengan semakin berkembang pesatnya teknologi smartphone seperti sekarang ini, banyak pecinta game yang dulu biasa menggunakan PC, Mac, atau game konsol kini mulai beralih ke system operasi Android besutan Google dan iOS besutan Apple. Tak pelak, hal ini segera diikuti dengan semakin banyaknya game yang dijajakan di toko aplikasi online, Play Store dan iOStore.

6 info penting di game smartphone

Disamping itu, game yang ada di smartphone saat ini semakin canggih dan beragam, disertai dengan munculnya beberapa istilah dan informasi yang relatif baru dan belum begitu familiar. Agar kamu semakin mahir dan tahu lebih dalam seputar seluk beluk mobile gaming, maka ketahui informasi dan istilah baru dalam game Android dan iOS berikut ini agar pengalaman bermain game menjadi lebih mengasyikkan :

  1. Ukuran file game

Ukuran file game yang tertera dalam halaman spesifikasi Google Play Store maupun App Store, bukan merupakan ukuran sesungguhnya dari installer. Sehingga, begitu game tersebut di install, maka bisa jadi beberapa file game berkapasitas lebih besar. Contohnya saja Facebook yang filenya biasanya tertera sebesar 21 MB di Play Store, tapi setelah di install membengkak menjadi 40 MB. Maka kamu harus mempertimbangkan hal ini saat akan menginstall sebuah game.

  1. IAP (In App Purchase)

Belum begitu ngeh dengan istilah ini? IAP di iOS atau In App Billing untuk Android adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna bisa melakukan pembelian aplikasi tanpa harus keluar dari aplikasinya. Konten digital yang bisa dibeli dengan fitur ini contohnya seperti membuka level baru pada game.  Saat ini IAP begitu populer di kalangan pengembang (developer), karena mereka bisa mengembangkan aplikasinya dalam model Freemium. IAP menawarkan potensi keuntungan yang besar karena mereka bisa mendapatkan pemasukan berkali-kali dari satu aplikasi dan satu pengguna. Berbeda dengan aplikasi premium, di mana pengembang hanya mendapatkan pemasukan satu kali dari satu aplikasi dan satu penggna.

  1. Aksesoris Game

Demi memberikan kenyamanan dalam bermain game bagi para pecinta mobile gaming, beberapa perusahaan telah menyediakan aksesoris gaming.  Kamu bisa mendapatkan berbagai macam aksesoris berupa game pad seperti halnya stick controller yang biasa terdapat pada game konsol.

  1. Fitur Cloud Save

Kamu bisa mendapatkan fitur yang menyediakan penyimpanan game secara cloud baik di Android ataupun iOS. Jadi, jika kamu telah menghapus game di gadget yang kamu punya dan ingin menginstallnya kembali, maka hasil save-nya bisa diunduh dari server sehingga kamu tidak perlu pusing untuk mem-back up secara manual. Di Android, fitur cloud service bisa digunakan melalui sebuah layanan bernama Google Play Services, sedangkan di iOS, melalui iCloud yang dapat melakukan auto backup sehingga bisa melanjutkan game setelah install ulang.

  1. Pengaruh Hardware smartphone

Yang memberikan pengaruh terbesar dalam memainkan sebuah game di smartphone adalah, prosesor, GPU / pengolah grafis, kapasitas RAM, dan ruang penyimpanan internal. Maka kamu harus cermat dalam membeli smartphone untuk gaming. Prosesor menjadi jantung dan otak dari kecepatan proses yang berlangsung pada smartphone. Untuk itu, pilih prosesor dengan spesifikasi yang tinggi, setidaknya sudah Quad-core. Hal ini juga harus ditopang dengan kapasitas RAM yang tinggi pula. Game-game kelas berat masa kini biasanya membutuhkan RAM minimal 512MB untuk iOS, dan 1GB untuk Android. Semakin besar kapasitas RAM sebuah smartphone, maka semakin sedikit pula kemungkinan terjadi lag atau lemot saat bermain game. Pilih pula smartphone dengan memori internal minimal 8GB, karena game terbaru dengan ukuran yang besar, membutuhkan ruang data penyimpnana yang besar pula.

  1. Perbedaan game Premium, Freemium, dan Free

Premium : merupakan game berbayar yang biasanya tidak menyediakan fitur IAP di dalamnya.

Freemium : game yang ditawarkan biasanya bisa di dapat dengan gratis namun dengan mengandalkan iklan dan IAP. Game biasanya akan di buat lebih sulit atau di lock levelnya jika tidak membeli IAP.

Free : game yang benar-benar gratis tanpa ada embel-embel apapun. Ini merupakan jenis game yang paling langka dan susah di cari. Biasanya dibuat sebagai proyek, hobi atau promosi tanpa bertujuan mengambil keuntungan.

Comments on this entry are closed.