6 Smartphone Android Kamera Terbaik 2015

by Ummy Tsabit on December 11, 2015

Saat ini, kemajuan teknologi mobile camera begitu pesat. Foto hasil jepretan yang dihasilkan oleh sebuah kamera smartphone tak kalah bagusnya dengan kamera digital yang memiliki piksel besar. Fotonya bisa terlihat jernih dan detil warnanya juga natural, dengan noise yang sedikit. Para vendor pun berlomba-lomba untuk menyuguhkan smartphone flagship mereka yang dilengkapi dengan kemampuan kamera yang mumpuni. Mulai dari membekali ponselnya dengan teknologi kamera handal, seperti Pure View dan Pixel Master, kekuatan sensor laser yang super cepat dalam mengunci objek, hingga piksel besar yang mencapai 20 MP.

Tak terasa, kita sudah berada di penghujung tahun 2015. Dari sekian banyak produk smartphone yang dirilis selama tahun 2015 ini, kami akan mencoba mengulas 7 ponsel kamera terbaik di tahun 2015 dalam daftar berikut ini :

Samsung Galaxy S6 Edge+

Phablet berukuran 5.7 inchi besutan Samsung ini, hadir dengan fitur kamera terbaik. S6 Edge + datang dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dan juga VDIS (Video Image Stabilization) untuk tetap menjaga hasil foto serta videonya jauh dari yang namanya blur (buram). Selain itu, S6 Edge+ juga memiliki salah satu peluncur kamera tercepat (yang hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik saja, sehingga artinya kamu tidak akan pernah melewatkan shot yang penting). Kamu tinggal double tap tombol Home dan kameranya langsung bisa memotret sebelum kamu mengetahuinya.

Performa dari kamera S6 Edge + dalam ruangan yang redup (minim cahaya), memang tidak setangguh dari beberapa ponsel kamera lain yang ada dalam daftar ini, namun secara umum foto hasil jepretannya sangat mendekati aslinya dan natural. Ditambah lagi, software kamera bawaan Samsung juga dilengkapi dengan banyak fitur keren seperti slow/ fast motion, selective focus, dan video collage. Secara kemasan keseluruhan, ponsel ini tergolong hebat dan kamu tidak akan kecewa dengannya.

Nexus 6P

Nexus 6P masuk ke dalam daftar ponsel Andoid kamera terbaik terutama karena performa low light-nya sangat begitu tangguh. Noise yang relatif sedikit saat pemotretan malam hari sangatlah mengesankan dan ponsel ini merupakan salah satu dari sangat sedikit kamera Android diluar sana yang mampu menghasilkan kesuksesan pemotretan malam. Kedua, mode HDR+ dari Nexus 6P juga merupakan salah satu yang terbaik.

Foto yang dihasilkan dengan mengaktifkan mode HDR+ ini terlihat seperti dihiasi (dipercantik), dan bahkan seringkali  terlihat lebih menarik daripada yang aslinya, namun memang inilah intinya. Karena, biasanya foto-foto romantis sering membutuhkan sedikit editing agar hasilnya layak untuk dibagikan ke orang lain.

Meski begitu, kamu mungkin akan sedikit kecewa karena kamera dari Nexus 6P tidak dilengkapi dengan OIS. Fitur ini sangat diapresiasi dalam sebuah smartphone karena sebagian besar dari kita biasanya mengambil foto dengan menggunakan tangan. OIS akan membantu kita dalam mengurangi blur akibat tangan yang goyah dan tidak stabil. Selain itu, kamera dari Nexus 6P memiliki resolusi yang terendah  pada daftar kita kali ini, yakni hanya 12.3 MP. Bagaimanapun juga, Nexus 6P tetaplah merupakan suatu tawaran yang solid, dan dual-tone flash nya juga sesungguhnya penting untuk menjaga gambar tetap terlihat natural.

Motorola Moto X Pure Edition

Smartphone besutan Motorola biasanya tidak terkenal dengan kehandalan teknologi kameranya, namun Moto X Pure Edition atau MotoX Style (untuk pasaran luar AS) adalah salah satu pengecualian. Dengan hadirnya Moto X Pure, membuktikan bahwa untuk bisa mendapatkan performa kamera yang premium, kita tidak perlu mengeluarkan budget yang premium pula.

Dengan harga hanya sekitar $400 US dollar, kamu sudah bisa mendapatkan ponsel dengan resolusi 21 MP pada kamera utama, dual-tone flash, dan bukaan lensa f/2.0. Satu-satunya yang mengecewakan adalah kameranya tidak dilengkapi dengan OIS.

Reproduksi warna yang dihasilkan dari jepretan kameranya, termasuk salah satu yang paling natural pada daftar kali ini. Kontrasnya pun juga superior. Motorola Moto X Pure merupakan ponsel kamera terbaik yang bisa kamu temukan di kisaran harga 4 jutaan.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.