8 Rahasia Memotret dengan Kamera Smartphone

by aries on August 13, 2014

Tahukah kamu, memotret suatu objek layaknya seperti menembak suatu target. Jika sang penembak sudah mahir dan mengerti betul seluk beluk senjatanya, pasti akan dengan mudah mengenai sasaran. Begitu pula dengan memotret menggunakan kamera smartphone. Jika kita sudah tahu benar seluk beluk fitur kameranya, dan bisa mengoptimalkannya, maka tentu kita bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal. Apalagi, teknologi kamera smartphone saat ini semakin canggih.

Ingin tahu bagaimana cara memadukan antara cahaya, objek, dan kamera smartphone supaya tercipta hasil foto yang apik dan bernilai seni? simak rahasianya berikut ini :

8 Rahasia Memotret dengan Kamera Smartphone

  1. perhatikan cahaya sekitar

Fotografi sangat erat kaitannya dengan urusan pencahayaan. Bahkan ada yang bilang, memotret itu bagaikan melukis cahaya. Fotolah objek dengan kondisi cahaya yang tepat dan mencukupi. Pagi hari dan sore hari adalah momen yang tepat untuk memotret landscape.

  1. hindari menggunakan zoom digital

Zoom pada kamera smartphone merupakan pembesaran dari hasil cropping pada gambar, bukan pembesaran secara optikal lensa. Otomatis, semakin besar zooming, maka semakin pecah pula gambar yang dipotret. Untuk itu, lebih baik dekati objek secara langsung jika ingin mendapatkan foto objek yang lebih besar.

  1. potret dahulu, baru edit kemudian

Kamera pada smartphone memang di setting serba otomatis dan lebih bersifat point and shot. Daripada kamu harus mengedit satu persatu setiap selesai memotret satu objek, mending kamu potret beberapa foto sekaligus, lalu edit setelah semua selesai dengan menggunakan photo editor yang ada di smartphone ataupun komputer.

  1. manfaatkan semua fitur yang ada

Meski fitur yang terdapat pada kamera smartphone cukup terbatas dan tidak sebanyak yang ada pada kamera digital, namun kita masih bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia. Seperti HDR untuk memotret pemandangan, atau continuous shot untuk memotret objek bergerak, dan masih banyak yang lain.

  1. sediakan ruang memori yang lega

Biasanya ruang penyimpanan memori smartphone terbatas, terutama pada memori internal. Jika kamu memiliki memori eksternal yang besar, tentu acara potret memotret menjadi lebih nyaman dan leluasa. Jika tidak, maka kamu harus rajin memindah data foto ke PC atau hard disk eksternal jika memori sudah penuh agar kamu tidak melewatkan momen atau objek menarik saat ruang memori smartphone terlanjur penuh.

  1. hindari sumber cahaya

Jangan memotret menghadap cahaya matahari atau sumber cahaya lain seperti lampu karena akan membuat hasil foto kurang bagus dan tidak merata cahayanya. Akan muncul Flare (pendaran cahaya) jika memotret langsung ke arah cahaya matahari dan membuat bayangan pekat pada objek.

  1. stabilkan posisi smartphone

Saat memotret, smartphone mudah sekali goyang karena posisinya yang ringan sehingga sering mengakibatkan gambar menjadi blur (buram). Sebagai solusinya, gunakanlah tripod untuk menyetabilkan posisi smartphone. Kini, banyak tersedia tripod khusus untuk smartphone yang dijual di pasaran.

  1. pilih warna & objek

Agar foto terlihat bagus, pilih objek dengan warna-waran yang cerah. Selain itu, gunakan pula aplikasi filter dan efek yang banyak tersedia supaya hasil foto menjadi lebih unik dan menarik.

Comments on this entry are closed.