8 Tips & Trik Brilian Pada WhatsApp

by aries on May 31, 2015

Aplikasi messenger WhatsApp kini sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Bagaiaman tidak, pada bulan mei yang lalu, CEO WhatsApp Jan Koum telah mengumumkan bahwa jumlah pengguna aktif pada bulan ini sudah mencapai angka 800 juta pengguna di seluruh dunia. Padahal, pada bulan januari yang lalu pengguna masih berjumlah 700 juta. Berarti, pada setiap bulannya jumlah pengguna meningkat 25 juta. Bayangkan, jika peningkatan jumlah pengguna setiap bulan bisa bertahan pada angka tersebut, maka diperkirakan WhatsApp akan memiliki jumlah pengguna sebesar 1 Miliar di penghujung tahun 2015. WOW…!!

tips & trik WhatsApp

Nah.., ternyata Whats App bukan hanya bisa untuk chatting saja, namun bisa digunakan untuk membuat panggilan di Whats App. Apakah kamu adalah salah satu pengguna dari WhatsApp? Jika iya, berikut ini akan kami ulas tentang berbagi tips dan trik seputar WA yang akan mempermudah dalam mengirim pesan ke teman dan keluarga:

  • Cara memindahkan riwayat WhatsApp dari satu smartphone ke smartphone yang lainnya

Saat kamu membeli smartphone keluaran terbaru, kamu bisa memindahkan riwayat obrolan kamu di WhatsApp pada smartphone barumu. Jika kamu menggunakan kartu SD, caranya sangat mudah. Yakni pada WA, pergi ke menu Setting>Chat setting>Backup conversation.  Pindahkan MicroSD kamu ke smartphone baru, install WhatsApp dan pilih Restore ketika ada permintaan seperti itu. Jika riwayat backup tadi  di memori internal, kamu bisa menggunakan file explorer untuk mencari folder /SDcard/ WhatsApp/ dan pindahkan kontennya secara manual.

  • Cara menyembunyikan waktu pesan terakhir kali yang dilihat

Saat kamu melihat kontak di WA, biasanya ada catatan waktu terakhir kali dilihat yang berada di bawah nama mereka, yang memberitahukanmu saat mereka terakhir kali mengecek WhatsApp. Jika kamu tidak ingin orang lain tahu kapan terakhir kali kamu menggunakan WA kamu bisa mengaturnya menjadi kosong. Caranya; buka Setting> Account> Privacy. Lalu pada menu Last Seen, pilih Nobody. Tapi ingat, jika setingan ini kamu pilih, maka kamu juga tidak akan bisa melihat kapan terakhir kali teman kontakmu membuka aplikasi WA. Selain itu, kamu juga bisa menyembunyikan foto profil, status, dan mematikan tanda pesan yang sudah di baca pada menu Privacy.

  • Cara mengecek saat pesan kamu sudah dibaca

Kamu bisa mengetahui bahwa pesan kamu telah dibaca di WhatsApp ketika ada dua tanda centang yang berubah berwarna biru di samping jendela obrolan. Dan jika kamu ingin mendapatkan info detilnya, cukup tekan dan tahan pada pesan yang diinginkan, lalu ketuk ikon ‘Info’  dan kamu akan mendapatkan info yang terperinci.

  • Cara mengunci WhatsApp

Pada ponsel Android, kamu punya pilihan yang luas dari fitur keamanan aplikasi yang akan memungkinkanmu untuk melindungi chatting WA-mu dengan menggunakan password atau PIN. Cobalah menggunakan aplikasi Messenger and Chat Block, Applock, atau SmartApp Lock. Bahkan beberapa dari aplikasi ini ada yang bisa secara otomatis mengambil gambar dengan kamera depan  jika ada seseorang yang mencoba mengakses aplikasi dengan tanpa kode yang tepat. Sehingga kamu bisa mengetahui seseorang yang jahil itu. Sedangkan untuk pengguna iOS, tidak ada cara yang bisa dilakukan tanpa jail breaking. Sedangkan untuk windows phone, kamu bisa menggunakan aplikasi WhatsApp locker, sedangkan untuk pengguna Blackberry bisa menggunkan aplikasi Lock for WhatsApp.

Comments on this entry are closed.