Acer Liquid M220, Windows Phone Murah Meriah

by aries on July 29, 2015

Tidak bisa dipungkiri, di Indonesia para pemburu smartphone murah meriah masih terus eksis. Wajar jika para vendor berlomba membuat produk smartphone terjangkau namun sudah dilemgkapi dengan spek yang sudah cukup oke. Salah satunya adalah Acer, yang mengeluarkan seri Liquid M220. Acer Liquid M220 ini merupakan Windows Phone pertama besutan Acer yang dibanderol dengan harga terjangkau. Selain itu, harga Acer Liquid M220 juga cocok untuk pangsa pasar konsumen di Negara kita. Penasaran dengan spek yang ditawarkan? Simak ulasannya berikut ini;
Acer Liquid M220, Windows Phone pertama dengan harga murah (di bawah 900 ribu)

Desain & Layar

Bagi kamu yang sudah terbiasa memakai smartphone dengan layar lega, akan terasa kurang nyaman saat memakai Acer Liquid M220 ini. Pasalnya, smartphone ini hanya menggunkan layar sebesar 4 inchi. Meski demikian, warna tampilan gambarnya terlihat natural dan layarnya cukup responsive. Acer Liquid M220 juga menyertakan Auto Brightness yang bisa beradaptasi dengan kondisi cahaya disekitar.

Berhubung Layar Acer Liquid M220 hanya sebesar 4 inchi dan berdimensi mungil, sehingga membuat ponsel ini sangat nyaman serta ringan saat ditenteng. Apalagi, tekstur saling silang yang terdapat pada bodi dan tekstur gerigi pada lis membuat Acer Liquid M220 tak terasa licin saat dipegang. Bahkan tekstur tersebut justru membuat tampilannya semakin menarik.

Untuk pilihan warna, kabarnya hanya ada warna hitam saja yang akan di pasarkan di Indonesia. Untuk pemasaran globar tersedia pula warna putih solid dengan lis berwarna perak.

OS & Kinerja

Acer Liquid M220 merupakan smartphone besutan Acer pertama yang menggunkan Windows Phone versi 8.1. Namun sayangnya, tak ada modifikasi sama sekali pad operasi sistemnya. Nah, mungkin hal inilah yang membuat harga Acer Liquid M220 cukup murah meriah dan antarmukanya sangat sederhana.

Apakah Acer Liquid M220 bisa di upgrade OS-nya ke versi terbaru, Windows 10 ? Memang belum ada kabar pasti mengenai hal ini. Yang jelas semua ini akan terjawab saat Microsoft resmi meluncurkan Windows Phone 10 yang merupakan versi terbaru.

Untuk urusan dapur pacu, Acer Liquid M220 menyematkan prosesor Qualcomm Snapdragon 200 berkecepatan 1.2 GHz dan disokong RAM 512 MB. Secara keseluruhan, kinerja Acer Liquid M220 sudah cukup lancar saat digunakan. Memang sih, terkadang ada gejala lag saat digunakan untuk main game ataupun memutar video yang sangat wajar bagi smartphone untuk kelas entry level.

Meski memori internalnya hanya 4 GB, namun bisa diekapsansi dengan memori ekasternal berkat adalnya slot micro SD. Jika masih kurang, ada OneDrive yang lumayan bisa menambah storage.

Untuk daya tahan, smartphone yang dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1300 mAh ini bisa dibilang cukup awet dan bisa bertahan selama 9 jam saat digunakan cukup intens, seperti chat, buka media social, untuk berfoto dan sesekali main game dengan catatan baterai saver diaktifakan.

Multimedia

Meski pada bodinya tak tampak lubang speaker yang menonjol, namun suara yang disemburkan dari Acer Liquid M220 cukup nyaring terdengar. Kamu juga bisa menikamti aplikasi Radio FM. Seperti biasa, radio ini hanya aktif saat earphone sudah dicolokkan. Sementara untuk aplikasi music ada Music, Podcast dan Xbox music. Sedangkan untuk videonya maksimal bisa digunkan play video 720p.

Kamera

Spesifikasi kamera utama 5 MP yang sudah auto focus dengan lrnsa kamera wide-angle 89 derajat dan kamera depan 2 MP sudah terbilang sangat keren mengingat harga yang ditawarkan tidak sampai satu juta.

Karena Acer Liquid M220 hanya mengandalkan Microsoft Camera yang memiliki standar moda Camera dan Video, maka tak heran jika fiturnya minim, serta filter lensanya juga terbatas. Beda dengan seri Lumia yang sudah banyak menambahkan filter. Maka dari itu, kita kudu terbiasa mengoperasikan kamera agar mendapatkan hasil bidikan yang maksimal, terutama saat dalam kondisi minim cahaya. Adanya lampu Flash pun juga kurang begitu membantu. Namun secera keseluruhan, hasil kamera dari Acer Liquid M220 sudah tergolong lumayan.

Kesimpulan

Dengan banderol harga 800 ribu, Acer Liquid M220 memang tergolong smartphone ber-OS Windows termurah saat ini. Sangat cocok bagi para pengguna pemula atau seseorang yang ingin mencicipi bagaimana sensasi Windows Phone tanpa harus merogoh kantong terlalu dalam. Namun sayang, kamera dari smartphone ini masih kurang maksimal.

Comments on this entry are closed.