Aksesoris Laptop Yang Berbahaya

by Siti Eka Kurniati on October 27, 2015

Laptop dan notebook memang sudah menjadi barang yang umum bagi masyarakat kita. Dan semakin maraknya yang memiliki gadget tersebut, beberapa vendor mengeluarkan berbagai aksesoris untuk melengkapi laptop atau notebook seperti headset atau headphone, game stick, dll.

 aksesoris laptop notebook berbahaya

Namun, ada beberapa produk aksesoris yang justru malah akan membahayakan bagi laptop atau notebook. Bagaimana bisa seperti itu? Dan apa saja aksesoris berbahaya tersebut?

Soft Case

Softcase adalah sebuah aksesoris laptop atau notebook berbentuk seperti tas jinjing kecil yang biasanya digunakan untuk membawa laptop tanpa susah payah dengan menenmpatkan laptop tersebut pada tas besar atau backpack. Sebenarnya softcase baik digunakan untuk membawa laptop atau notebook, bahkan bisa melindungi laptop atau notebook dari benturan saat dibawa berpergian. Namun, softcase bisa jadi berbahaya jika kita salah menempatkannya. Maksudnya adalah, jika kamu mengoperasikan laptop atau notebook dengan softcase yang masih terpasang itu akan sangat membahayakan. Sirkulasi udara yang biasanya berada di bagian bawah laptop atau notebook akan tertutup dan udara panas yang berada bagian dalam laptop akan terhambat tidak bisa keluar. Hal ini bisa menyebabkan overheating pada laptop atau notebook dan hal ini bisa membuat motherboard cepat rusak. Jadi sebaiknya kamu melepas saja softcase saat mengoperasikan laptop atau notebook.

Keyboard Protector

Sekilas dari namanya kita tau fungsi atau kegunaan dari aksesoris pelengkap laptop atau notebook ini yaitu melindungi keyboard. Keyboard protector memang difungsikan untuk melindungi keyboard dari kotoran seperti debu atau benda cair yang akan mengotori keyboard. Jadi kenapa keyboard protector bisa berbahaya bagi laptop? Sebenarnya, celah-celah yang ada di keyboard merupakan salah satu lubang sirkulasi yang digunakan untuk mengeluarkan udara panas, dan apabila kamu memasang keyboard protector pada laptopmu maka udara tersebut akan terhambat dan menyebabkan overheating. Bahkan pada beberapa kasus, keyboard protector yang jarang dilepas akan menyebabkan kelembaban yang akan menyebabkan keyboard tidak dapat berfungsi atau rusak. Ada keyboard protector yang memiliki pori yang bisa dibuat untuk mengalirkan udara namun jika terlalu lama dipasang aksesoris tersebut akan membuat tampilan keyboardmu tampak jelek karena belang yang dihasilkan oleh pori keyboard protector. Saran apabila masih ingin menggunakan aksesoris ini adalah pakailah jika kamu sedang menggunakan laptop atau notebook di lua ruangan yang berdebu. Jika kamu sedang dalam ruangan yang bersih sebaiknya kamu lepaskan  saja keyboard protectornya. (baca : cara membersihkan keyboard laptop)

Cooling Pad

Jangan asal memilih cooling pad kalau tidak mau merusak laptopmu sendiri. Kebanyakan cooling pad yang beredar di pasaran memiliki arus putaran yang menuju ke dalam perangkat laptop. Hal ini malah bisa menyebabkan debu bertumpuk di lubang sirkulasi laptop atau malah mengembalikan udara panas yang dikeluarkan dari dalam perangkat (hal ini karena arus udara dari cooler pad berlawanan dengan arus udara fan yang ada  di dalam perangkat). Jadi sebelum kamu membeli cooler pad sebaiknya kamu periksa arus udaranya. Pemakaian cooler pad yang disarankan adalah yang memiliki arus udara yang berhembus ke bawa bukan ke atas.

Comments on this entry are closed.