Android semakin Ngetop Dengan Lollipop

by aries on February 5, 2015

Sekarang, KitKat bukan lagi menjadi versi terbaru dari Android. Kini, sudah ada yang paling gres, Lollipop. Tentu, dengan system operasi yang terbaru, banyak sekali perbaikan dan membuat kinerja bertambah powerfull. Ingin tahu fitur terbaru dari si ‘permen gulali’ ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

sistem android lollipop

  1. Unlock smartphone dengan deteksi wajah

Kalau untuk membuka kunci smartphone kita biasanya menggunakan kode pola, PIN, password, atau menggeser layar, kini dengan Android Lollipop kita bisa menggunakan wajah kita sebagai pembuka kuncinya. Caranya, cukup angkat smartphone-mu sejajar  dengan wajahmu, lalu arahkan matamu ke kamera depan dari smartphone selama beberapa detik. Dan tadaaa…smartphone seketika akan terbuka kuncinya. Meski cara ini tidak terlalu aman dan tidak selalu bekerja dengan semestinya, namun hal ini cukup menarik untuk digunakan. Cara pengaktifannya adalah, pergi ke menu Settings > Security > Screen Lock > dan pilih Face Unlock. Kamu juga akan diharuskan mengatur PIN atau membuat pola sebagai ‘back-up’, untuk jaga-jaga jika deteksi wajah tidak bisa bekerja dengan benar.

  1. Pengoperasian keyboard yang lebih mudah

Jika kamu merasa kerepotan jika harus menggunakan tombol keyboard virtual yang terdapat pada layar karena harus bolak-balik memencet tiap huruf, kamu bisa menggunakan fasilitas  ‘Swype’ yang memungkinkanmu untuk menggeser jari dari satu huruf ke huruf yang lain  tanpa perlu mengangkat jari. Untuk memastikan apakah tersedia menu Swype pada perangkatmu,  maka cobalah untuk mengeja sebuah kata tanpa harus mengangkat jari jemari (di seret). Jika belum muncul garis penghubung antar huruf,  maka untuk memunculkannya, tekan dan tahan tombol spasi agak lama, hingga muncul menu Select Input Method, lalu pilih Swype.

  1. Browsing internet lebih mudah

Google Chrome kini tidak hanya bisa dinikmati pada perangkat Android saja, namun juga bisa digunakan pada PC, iPad, iPhone, Mac, dan perangkat canggih lainnya. Jika kamu ingin dengan mudah nengakses tab yang telah dibuka pada perangkat lain, kamu bisa menekan tombol pilihan Menu > Other Devices, lalu buka website yang sudah dibuka di perangkat yang lain. Untuk bisa menggunakannya, kamu harus mengaktifkan mode Incognito pada mobile device-mu dengan mencarinya pada Menu > New Incognito Tab.

  1. Shortcut menuju daftar kontak favorit

Ada cara mudah dan sederhana untuk menghubungi orang-orang terdekat. Caranya : tempatkan data-data no. telepon orang-orang yang biasa kamu hubungi pada Home screen. Lalu, pilih All apps > Widget, kemudian pilih Contact Widget. Dengan fitur ini,  kamu bisa memilih informasi kontak mana yang ingin kamu tempatkan pada bagian Homescreen. Kamu akan lebih mudah memanggil, mengirim pesan, dan melakukan interaksi jejaring social  melalui shortcut ini.

  1. Menghemat baterai dengan widget

Biasanya, terus menerus mencari dan membuka menu yang diinginkan, bisa menghabiskan daya baterai yang cukup besar. Agar daya baterai lebih awet, kamu bisa mencoba fitur Power Control. Kamu bisa mencarinya di Setting > Apps > All Apps, lalu tap bagian atas dari widget ini. Buatlah shortcut widgetnya. Dengan widget ini, kamu dapat mengatur hidup dan mati bagi lima fitur sekaligus, yakni WiFi, Bluetooth, GPS, sinkronisasi akun otomatis seperti Google dan Facebook, serta pengaturan kecerahan layar.

  1. Sinkronisasi foto dan video secara langsung

Jika kamu memiliki akun Google+, maka kamu bisa secara langsung menyimpan foto atau video yang akan ditarik langsung ke Google +. Fitur menarik ini disebut dengan Instant Upload, yang hanya bisa bekerja saat kamu terkoneksi dengan Wi-Fi atau perangkatmu terhubung ke PC atau sedang di charge.

  1. Melakukan screen shot dengan mudah

Jika kamu ingin menangkap gambar yang ada pada layar, kamu bisa melakukannya dengan menekan tombol Power beserta tombol volume down. Kamu bisa menemukan hasil dari screen shot pada Gallery atau pada kolom notifikasi yang bisa kamu lihat pada layar drop down.

Comments on this entry are closed.