Apa itu BlueStacks?

by aries on November 5, 2014

BlueStacks adalah sebuah software untuk menjalankan aplikasi Android di sebuah komputer atau laptop yang berbasis windows ataupun Mac. Dengan adanya software ini, kita tidak perlu sebuah smartphone atau tablet Android untuk mengoprasikan aplikasi file apk.

Saya sendiri mengenal BlueStacks justru dari browsing di google dengan kata kunci ‘Cara daftar akun instagram di PC’. Di sana dijelaskan bahwa, instagram adalah sebuah aplikasi yang hanya bisa dijalankan di Andoid ataupun iOS. Untuk dijalankan di PC harus install dahulu sebuah emulator, salah satunya adalah BlueStacks.

Tentang BlueStacks yang merupakan emulator Android

Dari penjelasan di atas, lantas saya befikir bahwa tidak hanya Instagram saja yang bisa dijalankan di PC, setiap aplikasi yang berbasis Android bisa dijalankan di PC berkat adanya sebuah emulator tersebut. Seperti contoh, aplikasi BBM. Setelah kamu install BBM di PC, kamu bakalan punya No. PIN BBM sekaligus bisa digunakan untuk komunikasi dengan teman sesama pengguna BBM. Ini sebagai bukti bahwa BlueStacks benar-benar bisa bekerja untuk menjalankan aplikasi Android via PC atau laptop.

BlueStacks itu sendiri bisa kamu download secara gratis dari situs www.bluestacks.com. Untuk cara intalasi BlueStacks di PC, silahkan simak tutorialnya berikut ini.

  1. buka file ektensi .exe dari BlueStacks yang sudah kamu download tadi.
  2. pada kotak dialog Welcome to BlueStacks, klik Continue.
  3. data lokasi taruh di C:ProgramData untuk windows 7 dan 8. Buat kamu yang masih setia dengan windows xp, taruh data lokasi di C:ProgramFile. Setelah itu, klik Next
  4. pada kotak dialog yang ditampilkan, centang App store access dan App notification. Lalu klik install
  5. pastikan komputer terhubung dengan koneksi internet agar proses download game data bisa sukses.
  6. download game data adalah sebagian dari proses intalasi BlueStacks itu sendiri.

Supaya lebih mudah dalam memahami cara install BlueStacks di komputer, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.