Apa itu Chromebook? Beda Nggak dengan Notebook

by aries on May 8, 2014

Apa itu Chromebook? Apakah beda dengan Notebook, Netbook, & Slimbook? Sebelum menjawab pertanyaan ini, sebaiknya ketahui dulu perbedaan antara Notebook, Netbook & Slimbook.

Kalau sudah tahu perbedaanya, kita langsung ke pembahasan mengenai Chromebook. Chromebook tak ubahnya sebagaimana Netbook (paling mirip jika dibandingkan dengan Notebook atau Slimbook), hanya saja Chromebook menggunakan sistem operasi sendiri yang didesain oleh Google Inc. Sistem operasi ini disebut dengan Chromuim OS yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan berselancar di internet agar lebih mudah dan cepat. Jadi, buat kamu yang pekerjaannya tidak lepas dari internet, Chromebook adalah pilihan tepat.

Apa itu Chromebook? Beda Nggak dengan Notebook

Buat pekerja kantoran atau seorang desain grafis, Chromebook bukan pilihan yang tepat karena Chromuim OS ini tidak mendukung Microsoft Office, Photoshop, Corel Draw dan aplikasi populer yang biasa kamu pakai di OS Windows. Namun demikian, Google selaku pencetus memberikan penggantinya, aplikasi Dokumen, Slide, atau Spreadsheet sebagai pengganti MS Office. Aplikasi Foto Google+ atau Pixlr untuk editing foto, Google Play Film aplikasi untuk nonton film, Google Play Music aplikasi untuk menikmati lagu dan masih bayak lagi aplikasi yang bisa diunduh secara gratis atau berbayar di Toko Web Chrome.

Dengan kebutuhan spesialis untuk berselancar, spesifikasinya pun hampir sama sebagaimana Netbook saat pertama kali muncul. Chromebook ini hanya dibekali dengan hard disk 16 GB, terkadang ada yang 32 GB. Sebagai tambahan, Google menyediakan 100 GB Google Drive Cloud Storage gratis untuk dua tahun. Sedangkan prosesornya setingkat dengan prosesor netbook (rata-rata tidak lebih dari 2 GHz). Untuk RAM, 1 – 2 GB DDR3.

Dengan spesifikasi seperti ini, harga Chromebook lebih murah daripada Netbook, Slimbook apalagi Notebook atau yang kita kenal dengan istilah laptop. Selain itu, ‘harga murah’ juga merupakan strategi untuk merebut pangsa pasar yang selama ini sudah menjamur dengan Notebook dkk yang dibekali OS Windows.

Kalau Chromebook bisa menguasai pangsa pasar, bukan tidak mungkin desktop portable ini dikembangkan lebih canggih lagi dan tidak hanya sekedar untuk kebutuhan berselancar di dunia maya saja. Sama persis seperti Netbook yang pada awal muncul diplot untuk kebutuhan internet, namun mengingat permintaan pasar cukup bagus, spesifikasi Netbook sekarang tidak kalah dengan ‘sang kakak’.

Blog Dan Bisnis November 22, 2014 at 9:08 pm

terima kasih informasinya mengenai chromebook sangat bermanfaat mas

iApkData August 22, 2015 at 10:05 pm

Chromebook mirip macbook air sama2 tipis dan kelebihannya dia punya OS sendiri buatan Google langsung.

Comments on this entry are closed.