Apa Itu Ebook?

by aries on July 7, 2014

Sebelum kita membahas tentang cara membuat ebook dengan coreldraw, ada baiknya kita kenali dulu apa itu ebook dan apa bedanya dengan buku?

Sebagiamana dikutip dari Wikipedia, E-book adalah sebuah buku versi digital atau elektronik yang berisi teks, gambar, dan ada halamanya sebagaimana layaknya sebuah buku, akan tetapi ebook dibuat dalam bentuk file yang bisa dibuka dengan komputer atau device lain yang compatible.

Definisi Ebook

Dewasa ini, ebook semakin populer karena simple dan mudah untuk dibaca di manapun, dan kapanpun. Salah satu yang menarik dari ebook itu sendiri adalah ada fitur pencarian, jadi ketika kita akan mencari sebuah topik tertentu, tinggal ketikkan dan tidak usah buka halaman demi halaman sebagaimana buku konvensional.

Bahkan beberapa buku atau kitab jaman dahulu kala (lebih dikenal dengan istilah kitab salafi atau kitab kuning) juga sudah ada versi ebook-nya meskipun masih perlu dipertanyakan tentang ke-valid-an dari ebook tersebut.

Beberpa format ebook yang familiar adalah PDF, namun sebenarnya ada beberapa format ebook lain, seperti JPG, DocX, dan lainnya. Masing-masing dari format ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Format PDF adalah jenis format yang paling banyak dibuat untuk ebook, karena selain memilki fitur pencarian, ebook dalam format PDF ini juga nyaris seperti konsep sebuah buku konvensional yang siap untuk dicetak. Kelebihan lain dari ebook format PDF ini adalah bisa menyematkan sebuah file multimedia, misalnya musik atau video di dalamnya.

Format Docx, jika kamu biasa menggunakan MS Word untuk mengetik misalnya, tentu tidak asing lagi dengan format ini. Ya, ini adalah jenis file format dari Microsoft Word yang banyak dijumpai untuk ebook karena ukuran filenya yang kecil serta mudah dibaca dengan huruf yang variatif.

Format JPG, lebih populer untuk format sebuah foto hasil dari jepretan kamera. Saking terkenalnya ketika bicara tentang foto, asumsi kita adalah file-nya yang berupa jpg. Ebook dalam format jpg jarang sekali dijumpai kecuali untuk ebook berupa komik dimana di dalamnya lebih dominan gambar daripada teksnya.

Kesimpulan

Ebook sama halnya seperti buku yang berisi tentang sebuah informasi, namun ebook terbentuk dalam sebuah file yang tentunya lebih mudah untuk diakses dimanapun dan kapanpun. Kekurangan dari Ebook ini adalah sebagiamana sebuah file lainnya yang rentan hilang atau rusak, entah terhapus, terinfeksi virus atau bahkan dicuri.

agF | Blog Trik dan Tips November 20, 2014 at 8:33 pm

dari pas ane tau soal ebook, ane cuma tau buku elektronik aja.. gak tau soal yang lainnya
mkasih gan informasinya, bermanfaat

Comments on this entry are closed.