Apa itu ekstensi file & bagaimana cara mengetahuinya

by aries on July 26, 2014

Bagaimana cara mengetahui ekstensi file di Windows? Sebelum menjawab pertanyaan ini sebaiknya kita ketahui dulu apa itu ekstensi file. Ekstensi file adalah sebuah nama akhir dari file, seperti contoh file ‘kartulebaran.cdr’ memiliki ekstensi .cdr (sebuah file yang dibuat dengan program Corel Draw). Biasanya ekstensi file ini terdiri dari 3 karakter, baik huruf atau campuran huruf dengan angka. Sebagai contoh .mp4 .png .doc .psd, yang merupakan file video, file gambar, file dokumen MS Word dan file yang dibuat dengan menggunakan program Adobe Photoshop.

Dengan adanya ekstensi ini, sebuah sistem operasi akan mengenali jenis dari file sekaligus menentukan satu program yang digunakan untuk membuka, mengedit, dan men-save file tersebut. Semua ini tidak lain karena sebuah sistem operasi secara default memiliki konfigurasi khusus antara ekstensi file dan programnya. Dengan konfigurasi ini, saat sebuah file di klik dua kali, maka sistem operasi akan mengenali ekstensi file tersebut sekaligus menentukan sebuah program atau aplikasi untuk membukanya. Namun, jika sebuah ekstensi tidak dikenal, maka sistem operasi tersebut akan meminta user menentukan aplikasi untuk membukanya ketika file di klik.

Apa itu ekstensi file & bagaimana cara mengetahuinya

Untuk sistem operasi Windows, secara default tidak memperhatikan sebuah ektensi file. Artinya sebuah file tidak diperlihatkan ektensinya, jadi misalnya ada dua jenis file dengan satu nama, untuk pemula akan sedikit kesulitan membedakan file tersebut. sebagai contoh file ‘kartulebaran’ dan file jenis lain dengan nama yang sama, yakni ‘kartulebaran’. Yang pertama adalah file yang berekstensi .cdr dan yang kedua adalah .jpg. Nah, kedua ekstensi ini pada Windows tidak tampak.

Celah seperti ini (tidak menampilkan ekstensi file) dimanfaatkan oleh pembuat virus untuk melakukan penyebaran virusnya melalui ekstensi file tipuan. Sebagi contoh, file ‘keuangan.doc’ yang sebenarnya file tersebut adalah ‘keuangan.doc.exe’. File ‘keuangan.doc’ yang didapat dari sebuah email ini membuat user penasaran dan mencoba membuka file tersebut. Setelah file diklik dua kali yang terjadi bukan program MS Word yang terbuka, akan tetapi sebuah eksekusi untuk melakukan instalasi program. Nah proses instalasi inilah merupakan awal penyebaran virus dengan menginfeksi sebuah sistem operasi. Pada akhirnya sebuah Windows akan menjadi lemot dan bahkan tidak bisa berjalan. Jika kamu tidak punya anti virus yang handal, jalan terakhir adalah install ulang Windows tersebut.

Sebelum semua ini terjadi, penting untuk menampilkan ekstensi file di Windows. Caranya adalah sebagai berikut;

  1. untuk Windows XP: buka Explorer – menu Tool –  Folder Option – pilih tabulasi View. Untuk Windows 7 dan 8: buka Explorer – pilih menu OrganizeFolder and search option – pada kotak dialog Folder Option pilih tabulasi View
  2. hilangkan centang dari ‘Hide extensions for known file types’ setelah itu klik Ok. (lihat kerangan gambar di atas)
  3. dengan demikian, setiap file akan tampak dengan ekstensinya masing-masing sehingga kita tahu jenisnya.

Baca juga; Cara menyembunyikan & menampilkan file hidden.

Comments on this entry are closed.