Apa Itu LinkedIn

by Siti Eka Kurniati on April 21, 2016

Pernahkah kamu mendengar sebuah jejaring social bernama LinkedIn? Di Indonesia penggunaan jejaring social LinkedIn memang tidak sepopuler facebook, instagram ataupun twitter. Ini karena LinkedIn hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. LinkedIn merupakan jejaring social khusus yang dirancang berbeda dari yang lainnya dan lebih atau cenderung digunakan oleh kalangan professional.

pengertian linkedin dan manfaat linkedin

Lalu apa sih tujuan atau kegunaan kita memiliki akun LinkedIn? Apakah hanya kalangan professional serta kalangan atas saja yang menggunakan Linkedin? LinkedIn adalah jejaring social untuk siapa saja yang ingin tampil lebih professional dan lebih ‘menjual diri’. Istilah menjual diri disini adalah menampilkan kemampuan atau skill kita agar perusahaan mau melirik dan merekrut diri kita. Selain itu, apa saja manfaat LinkedIn bagi para penggunanya simak ulasan berikut ini.

Manfaat LinkedIn

  • Pamer keahlian. Pamer disini artinya adalah menunjukkan apa sih bidang keahlian kamu. Disini kamu tidak sekedar pamer dengan kata-kata tertentu tetapi dengan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh LinkedIn sendiri atau para pengguna lain. Nah, gaya bahasa serta cara menjawab inilah yang nantinya akan
  • Terhubung dengan sesama professional. Dengan linkedin, kamu bisa memiliki link untuk terhubung dengan kalangan professional dan para eksekutif perusahaan. Banyak eksekutif perusahaan yang menggunakan jejaring social ini untuk merekrut para pegawainya. So, jika kamu ingin dilirik oleh perusahaan, gunakanlah bahasa yang baku dan lugas serta menarik saat menjawab pertanyaan dari pengguna linkedin.
  • Jika kamu adalah seorang blogger, memiliki Linkedin mungkin adalah hal wajib bagi kamu. Ini berkaitan dengan optimasi web yang kamu kelola. Search engine atau mesin pencari layaknya google menyukai inbound link. Profil pribadi linkedin kamu serta perusahaan bisa memberikan tautan ke web milikmu dan ini bisa menjadikan rate atau peringkat web kamu lebih tinggi saat dilakukan pencarian oleh google.
  • Update informasi pekerjaan. Kamu bisa mendpatkan info baru serta inspirasi untuk mengembangkan keahlian kerja kamu dengan linkedin.
  • Manfaat linkedin yang lain tentu saja digunakan untuk tetap terhubung dengan teman lama dan relasi kita.

Nah, sekarang kamu pasti sudah memiliki beberapa pandangan kan tentang apa itu linkedin? Jejaring sosial ini memang digunakan tidak sekedar untuk main-main tetapi digunakan untuk kepentingan pekerjaan. Mau tau bagaimana cara mendaftar linkedin?? Tetep stay di alltutorial.net ya.. kita akan bahas di artikel selanjutnya.

Comments on this entry are closed.