Apa itu Mac Address & bagaimana cara mengetahuinya?

by aries on July 21, 2014

Beberapa hari yang lalu, saya telp pak Heri yang dulu pernah datang ke rumah untuk melakukan instalasi pembayaran listrik online atau PPOB di komputerku, saya bertanya demikian; “Pak, saya mau buka cabang PPOB di Jateng, mumpung saya sekarang posisinya masih di Kediri, Bapak bisa bantu saya untuk melakukan instalasi lagi di komputer saya”

“Bisa mas, cukup isi nama dan alamat sesuai KTP dan satu lagi sertakan Mac Address komputernya ya, selanjutnya nanti saya registrasi dari sini saja, jadi saya tidak usah datang ke rumah”

Nah, jawaban yang saya sedikit bingung adalah mengenai Mac Address. Yang saya faham saat itu, untuk pendaftaran PPOB salah satu sayaratnya adalah menyertakan (petugas mencatat) Mac Address. Namun saya belum tahu persis apa itu Mac Adress dan fungsinya.

Dengan PD-nya saya menjawab demikian “Ya pak, nanti saya smskan”, meskipun sebenarnya belum tahu apa Itu Mac Address. Tapi, saat itu saya yakin bakalan tahu dengan mencari beberapa referensi yang ada. Nah berikut ini adalah hasilnya berdasarkan berbagai sumber terpercaya di Internet, seperti wikipedia dan lainnya.

Apa itu Mac Address?

Mac Address yang biasa disebut dengan istilah physical address, hardware address atau ethernet address adalah sebuah alamat unik yang dimiliki oleh jaringan berbasis Ethernet. Mac Adress berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah komputer atau setiap interface, baik interface NIC (Network interface controller) atau WNIC (Wireless network interface controller). Jadi Mac address ini tentunya tidak sama pada setiap NIC atau WNIC, karena jika terjadi kesamaan maka akan terjadi konflik dan komputer satu dengan yang lainnya tidak bisa saling berkomunikasi.

Dengan adanya Mac Address, akun PPOB tidak bisa sembarangan di akses

Dalam hal PPOB, Mac address diperlukan untuk menjaga keamanan akun PPOB yang sudah terdaftar sebelumnya. Misalnya, ada yang mengetahui user dan password dari akun PPOB saya, maka PPOB saya tetap tidak akan terbuka karena diakses via komputer lain, bukan komputer yang Mac Address-nya sudah didaftarkan sebelumnya.

Sebagai bukti, PPOB yang pertama saya buka di komputer lain dengan user dan password yang sama. Akun PPOB saya tidak bisa terbuka dan ada peringatan bahwa saya (komputer lain) tidak memiliki hak login.

Bagaimana cara mengetahui Mac Address komputer?

  1. Tekan symbol windows + R, pada kotak dialog RUN ketik CMD dan tekan Enter.
  2. Setelah itu, ketik ipconfig/all tekan Enter.
  3. atau ketik getmac lalu tekan Enter. Ini sebagai ganti dari perintah No. 2
  4. pada kotak dialog yang ditampilkan, lihat physical address-nya yang terdapat pada Ethernet adapter Local Area Connection atau terdapat pada Ethernet adapter Wireless Network Connection jika memang komputer atau laptop kamu disertai perangkan Wi-Fi. Kalau tidak ada Wi-Finya ya berarti hanya yang pertama tadi (Local Area).

Bagaimana cara mengetahui Mac Address Smartphone Android?

  1. Ketuk PengaturanWireless dan jaringanpengaturan WIFI.
  2. setelah itu, ketuk Tingkat lanjut – dan Mac Address akan terlihat pada kotak dialog yang ditampilkan.
  3. Untuk memperjelas, silahkan lihat video tutorialnya di bawah ini.

Catatan: karena jenis antarmuka smartphone beragam sebagaimana banyaknya jenis smartphone dan OS Android yang digunakan. Jadi, silahkan kembangkan sendiri tutorial di atas untuk smartphone kamu.

Comments on this entry are closed.