Apa itu Pokemon Go dan bagiamana cara memainkannya?

by aries on July 15, 2016

Dalam beberapa waktu terakhir, dunia maya, khususnya pecinta game, dihebohkan dengan kemunculan game berupa anime legendaris yang berada di dunia nyata. Ya, apalagi kalau bukan permainan Pokemon GO yang saat ini jadi game populer di AS.

Apa itu Pokemon Go dan bagiamana cara memainkannya?

Bagi Anda para pecinta game maupun bukan, tentu permainan yang satu ini wajib Anda coba. Buat anda yang penasaran tentang permainan ini, silahkan baca ulasannya di bawah ini

Apa itu Permainan Pokemon Go?

Sebelum kita membahas tentang Pokemon Go, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Pokemon. Mungkin bagi Anda yang terlahir di tahun 90-an, salah satu tokoh anime yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga.

Pokemon merupakan anime dalam bentuk aneka makhluk hidup yang pada umumnya tidak dapat berbicara dan hanya menyebutkan namanya ketika bersuara. Dalam film anime, Pokemon akan digunakan sebagai hewan peliharaan sekaligus untuk bertarung melawan sesama Pokemon.

Setelah mengenal apa itu Pokemon, tentu saat ini Anda sudah memiliki sedikit bayangan mengenai apa yang dimaksud dengan permainan Pokemon Go.

Ya, Pokemon Go merupakan sebuah permainan di dalam smartphone atau iPhone dengan misi menangkap hewan Pokemon yang nantinya akan dijadikan sebagai peliharaan di dalam sebuah kandang khusus dengan bentuk bola merah putih.

Lalu, apakah Pokemon akan muncul di dalam dunia nyata kita? Tentu tidak. Pokemon memang muncul di dunia nyata tetapi wujudnya hanya dapat diamati melalui smartphone yang Anda gunakan.

Namun, untuk smartphone ataupun iPhone yang dapat digunakan untuk permainan Pokemon Go harus dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality. Teknologi tersebut merupakan sebuah konsep dari game Pokemon Go, yang sangat berbanding terbalik dengan game konsol dan jenis-jenis lainnya.

Dengan Augmented Reality, Anda akan diajak memainkan Pokemon Go dengan cara berpetualang melalui dunia nyata untuk sebuah misi mencari Pokemon sebagai hewan peliharaan, sesuai dengan favorit masing-masing.

Berbeda dengan game-game konsol yang dimainkan sambil tiduran dan menggerak-gerakkan jari Anda di atas layar smartphone. Tentu menjadi pengalaman yang sangat seru bukan jika Anda dapat berpetualang di dunia nyata sambil mencari hewan peliharaan berupa Pokemon?

Cara Memainkan Game Pokemon Go

  • Pertama, Anda harus mendapatkan game Pokemon Go melalui Google Play Store bagi yang menggunakan iPhone maupun Android. Anda juga dapat mengunduh aplikasi permainan Pokemon Go tanpa menggunakan Play Store. Tapi pastikan, Anda telah mengaktifkan sumber download yang tidak dikenal. Yaitu dengan cara masuk ke Setting, kemudian pilih Security, dan klik Unknown Resourch. Setelah itu, Anda dapat mulai menginstall aplikasi tersebut di luar Google Play Store.
  • Setelah mendapatkan aplikasi Pokemon Go, lanjutkan dengan cara mengaktifkan GPS pada Android atau iPhone yang digunakan, melalui status bar maupun widget notifications.
  • Baru Anda dapat mulai untuk menjalankan permainan dari aplikasi Pokemon Go.
  • Masukkan tanggal lahir Anda sesuai dengan petunjuk yang ditampilkan dalam layar smartphone atau iPhone.
  • Kemudian, klik Sign Up atau Daftar dengan akun Google yang harus Anda miliki sebelumnya.
  • Lanjutkan dengan memilih Gender serta gaya karakter pada permainan Pokemon Go tersebut.
  • Pada awal permainan, Anda dapat memilih salah satu dari tiga pokemon yang telah disediakan yaitu Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle.
  • Setelah itu, Anda dapat melanjutkan untuk mencari Pokemon-pokemon di sekitar Anda menggunakan Android ataupun iPhone. Ketika terdapat Pokemon dengan jarak dekat, maka smartphone akan bergetar dan mereka akan muncul di dalam peta.
  • Setelah menyentuh aplikasi terebut, Pokemon Go akan switch ke dalam mode kamera sehingga Pokemon tersebut akan nampak di sekitar Anda.
  • Sebelum menangkap Pokemon, pastikan Anda telah mempunyai Pokeballs atau tempat untuk memelihara Pokemon dengan bentuk bola merah putih yang berada di Pokestop.
  • Pokestop sendiri dapat Anda lihat melalui peta dan pada umumnya akan berada di tempat-tempat umum seperti taman, masjid, dan Landmark.

Itulah yang dimaksud dengan Pokemon Go dan cara memainkannya. Jadi, permainan Pokemon Go dapat Anda mainkan sembari melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya ketika menuju pusat perbelanjaan, maka di perjalanan Anda dapat menemukan Pokemon maupun beberapa Pokestop.

Comments on this entry are closed.