Apa itu TeamViewer & bagaimana cara menggunakannya

by aries on September 30, 2015

Sebelum membahas tentang apa itu TeamViewer dan bagiamana cara menggunakannya, saya akan sedikit memberikan alasan kenapa saya membuat artikel ini. Setelah saya menjelaskan cara flash samsung replika, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan seputar hal tersebut. Memang untuk proses flash samsung replika agak sedikit membingungkan. Karena, kita dituntut mengetahui firmware yang tepat sesuai spek asli samsung replika tersebut. Nah, spek asli ini paling valid bisa diketahui melalui MTK droid tool. Tidak sedikit dari teman-teman yang terkecoh dengan info dibalik baterai sehingga melakukan flash dengan firmware yang salah, otomatis HH malah jadi mati.

Dari sinilah muncul ide untuk memberikan solusi kepada teman-teman terkait hal tersebut untuk memudahkan dalam menemukan solusinya dengan menggunakan TeamViewer. Nah teman-teman yang kebetulan masih belum kenal dengan si “TeamViewer” berikut penjelasan singkatnya;

Apa itu TeamViewer & bagaimana cara menggunakannya

Apa itu TeamViewer?

TeamViewer adalah sebuah software yang memungkinkan kita untuk melakukan remote control (pengendalian jarak jauh), sharing desktop, dan transfer file antar komputer. Melihat definisi ini jelas bahwa dengan TeamViewer kita bisa;

  1. Mengontrol sebuah komputer yang berada jauh di sana seolah-olah komputer tersebut ada didepan kita yang sedang kita operasikan. Jika kamu mempunyai client dan mereka membutuhkan layanan dukungan atau membutuhkan solusi cepat, maka dengan TeamViewer ini semua bisa diselesaikan.
  2. Terhubung ke komputer yang ada di kantor atau rumah saat kita tidak ada di tempat (seperti ketika kita sedang berada di perjalanan bisnis dan membutuhkan informasi penting)
  3. Berbagi desktop untuk sebuah pertemuan, presentasi atau kerja sebuah tim, video call ataupun call saja.
  4. Mengirim file dengan sangat mudah seperti halnya copy paste antar folder dalam satu komputer.

Cara Menggunakan TeamViewer

Sebenarnya banyak sekali kegunaan atau fungsi TeamViewer. Namun, di sini saya hanya akan menjelaskan bagiamana mengontrol komputer pelanggan untuk memberikan dukungan dan atau solusi yang mereka butuhkan.

  1. Syarat utama tentunya komputer kita dan komputer pelanggan sama-sama terhubung ke internet.
  2. Download aplikasi TeamViewer dari situs resminya di www.teamviewer.com
  3. Install TeamViewer di komputer kita, pastikan juga software ini sudah terinstall di komputer pelanggan.
  4. Buka apalikasi tersebut lalu hubungi pelanggan via call atau SMS untuk meminta ID & Passwornya. Setelah itu masukkan ID pelanggan ke form Partner ID – centang Remote control – klik Connect to partner. [Lihat gambar di atas]
  5. Pada kotak dialog yang ditampilkan, masukkan password yang sudah kamu dapatkan dari pelanggan tadi, lalu klik Log On.
  6. Apa itu TeamViewer & bagaimana cara menggunakannya
  7. Tunggu beberapa saat sampai layar desktop komputer pelanggan muncul di layar komputer kita.
  8. Setelah itu, kita bisa langsung menghandle komputernya dan memberikan solusi yang mereka butuhkan.
  9. Selain itu, kita juga bisa melakukan transfer file dari atau ke komputer pelanggan.

Demikian, semoga artikel ini bisa menjadi jawaban untuk mereka yang masih bingung tentang apa itu team viewer dan bagaimana cara menggunakannya.

Comments on this entry are closed.