Apa itu Vlog?

by Siti Eka Kurniati on April 25, 2016

Akhir-akhir ini lagi ada gosip hangat mengenai sebuah postingan video dengan kata-kata kasar yang diunggah oleh salah satu public figure di negeri kita. Video tersebut diunggal melalui vlog. Nah, yang akan kita bahas disini adalah vlog tersebut.

apa itu vlog

Apa itu vlog? Di Indonesia sendiri vlog sudah mulai dikenal sejak beberapa tahun silam namun kurang populer dikarenakan fasilitas yang kurang mendukung seperti kecepatan internet, kuota internet dan juga device yang tidak mendukung. Namun sekarang ini hal tersebut bukan masalah lagi karena beberapa faktor tersebut telah mengalami perkembangan sejak kemunculan smartphone dan juga kemajuan teknologi jaringan. Dan sekarang, vlog menjadi salah satu tren masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang ingin tampil eksis dan populer.

Nah, sebenarnya apa sih vlog itu? Kok seperti plesetan atau typo dari blog? Memang vlog (bacanya vlog ya bukan v-log) adalah kependekan dari video blogging, yaitu kegiatan blogging yang dikemas dalam bentuk video. Vlog lebih menarik karena yang dimuat bukan hanya tulisan dan gambar saja seperti yang ada di dalam blog tetapi juga memuat konten suara dan juga gambar bergerak. Media vlog bisa menggunakan instagram, vine dan juga youtube. Namun, kebanyakan orang lebih memilih youtube sebagai media vlog karena batasan waktu video yang sangat panjang tidak seperti di instagram yang hanya 15 detik atau di vine yang malah hanya 6 detik saja. Dengan youtube, kamu juga akan memiliki chanel yang bisa di subscribe oleh pengguna youtube lain. Selain itu, kamu bisa menyematkan video yang kamu unggah di youtube ke blog pribadi kamu. (baca : cara upload video ke youtube)

Dalam vlog, ada beberapa istilah yang sering digunakan seperti vlogger yang berarti orang yang membuat vlog. Vlogging adalah kegiatan membuat vlog. Kamu bisa membuat vlog bukan hanya dengan kamera professional seperti dslr, tetapi kamu juga bisa memanfaatkan kamera smartphone yang sekarang ini sudah memiliki resolusi yang mumpuni. (baca : smartphone kamera terbaik)

Tren vlog saat ini adalah video bergenre komedi yang menyangkut kehidupan sehari-hari dan juga yang lagi happening di masyarakat. Nah, kalau di Negara kita tercinta ini ada beberapa chanel youtube yang memiliki ribuan subcriber karena vlog mereka. Diantaranya adalah skinnyindonesian24, dikelola oleh dua bersaudara yang membagikan vlog mengenai sketsa komedi, cover lagu. Lalu ada juga how to Indonesia milik si bule cantik sacha Stevenson yang membagikan vlog tentang video komedi satir tentang kebiasaan orang Indonesia, Bena Kribo, Aulion Wirizqi, Edo Zell, Duo Harbatah dll.

Gimana? Udah paham kan sekarang apa itu vlog dan bedanya dengan blog? Mau jadi vlogger? Kembangkan terus kreatifitasmu dan segera upload video kamu 😀

Comments on this entry are closed.