Aplikasi Al-Qur’an Terbaik untuk smartphone Android

by aries on January 22, 2015

Bagi pemeluk agama Islam, memiliki aplikasi khusus yang berisikan ayat-ayat suci Al-Qur’an tentu akan sangat membantu dan bermanfaat. Selain bisa digunakan untuk mengisi waktu luang, kita juga mendapatkan kebaikan karena mengamalkan  bacaan Al-Qur’an. Aplikasi ini tentu akan sangat berguna bagi mereka yang sedang berusaha menghafal Al-Qur’an (hafidz/hafidzoh). Kita tidak perlu menenteng kitab Al-Qur’an ke mana-mana, tinggal membuka smartphone kesayangan, kita sudah bisa membaca dan menyimak kalam Ilahi dimanapun, dan kapanpun kita berada.

aplikasi alquran pilihan

Sebenarnya, banyak sekali aplikasi Al-Qur’an yang tersedia di Google Play Store. Namun, aplikasi Ayat Holy Quran adalah salah satu aplikasi yang ideal dan terlengkap untuk dimiliki, dan yang paling menarik kita bisa mendapatkannya secara gratis. Kelengkapan dari aplikasi ini tidak hanya dari segi kandungan isinya, namun juga dari daftar nama Qori (pelantun), kelengkapan terjemahan, kelengkapan tafsir, hingga tersedianya mode hafs dan warsh (pilihan metode dan teknik membaca Al-Quran).

Jika kamu ingin memasang aplikasi ini dalam smartphone-mu, berikut adalah langkah-langkah instalasi dan pengoperasiannya :

  1. unduh aplikasi buatan Universitas King Saud ini di Google Play Store.
  2. setelah aplikasi terunduh, buka aplikasinya. Namun, kamu tidak bisa langsung dapat membuka semua halaman Al-Quran secara otomatis. Kamu harus mendownloadnya secara lengkap terlebih dahulu. Pilih menu yang ada di pojok kiri atas. Terdapat pilihan untuk download konten, terjemahan dan download tafsir. Download konten terdiri dari isi halaman Al-Quran (pages), qori (recites), dan terjemahannya (transes).
  3. untuk download halaman, tersedia pilihan Hafs, Hafs dengan tajwid, dan riwayat Warsh. Biasanya, orang Indonesia menggunakan yang metode hafs. Jika ingin lebih lengkap, pilih saja yang Hafs dengan Tajwid, karena sudah dilengkapi dengan kode warna sesudai dengan hokum tajwidnya.
  4. untuk pilihan download Qori, secara default yang dipilih adalah Al-Saadi. Namun, kamu juga bisa memilih puluhan daftar nama Qori lain yang tersedia. Yang paling banyak digemari adalah Qori Mishari Al-efasi karena bacaanya tidak terlalu cepat, dan juga tidak terlalu lambat.
  5. untuk pilihan download tafsir, sayangnya hanya tersedia satu pilihan dalam bahasa Indonesia, yakni Tafsir Jalalain. Jika ingin kitab tafsir yang lain yang lebih lengkap, banyak tersedia dalam bahasa Inggris atau bahasa Arab tentunya.
  6. setelah itu, download terjemahan dalam bahasa Indonesia.
  7. jika semua proses download telah selesai, maka hasilnya kamu bisa menikmati Al-Qur’an lengkap dengan terjemah dan tafsir dalam bahasa Indonesia.
  8. selain beberapa fitur yang sudah disebutkan di atas, masih banyak tersedia fitur  lain seperti mengatur ukuran font, pembacaan berulang (bagi yang sedang menghafal Al-Quran,  bookmark, bahkan sharing via Facebook atau Twitter.

Selamat mencoba!

Comments on this entry are closed.