Aplikasi Alternatif Terbaik Pengganti Google Apps

by aries on June 24, 2015

Jika dipikir-pikir, memang kita semua sudah tahu bahwa aplikasi besutan Google termasuk salah satu yang terbaik di bidangnya. Tengok saja seperti Gmail, Google Maps, Hangouts, Chrome, Google +, atau yang lainnya memang telah didesain dengan begitu baiknya dan dikemas dengan beragam fungsi. Namun, bukan berarti itu menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Dan, jika kamu termasuk seseorang yang ingin sesuatu yang beda, dan mencari alternatif pilihan lain sebagai pengganti dari aplikasi Google, ada banyak sekali pilihan dari pihak ke tiga yang tersedia.

aplikasi pengganti Google Apps

Berikut ini akan kami ulas beberapa aplikasi alternatif pilihan pengganti aplikasi Google yang bisa kamu pertimbangkan untuk di install, atau jika kamu masih tetap ingin menggunakan aplikasi Google sebagai default, kamu masih punya cadangan aplikasi lain :

Mailbox sebagai pengganti Gmail

Jika kamu sudah bosan dengan Gmail ataupun Inbox, maka Mailbox sangat sepadan sebagai gantinya karena tergolong ringan dan cepat dalam mengirimkan surat elektronikmu. Mailbox menyediakan beberapa fitur menarik, seperti tayangan slide untuk arsip, dan fungsi tunda yang telah lama telah dikopi oleh aplikasi lain (termasuk oleh Inbox).

Selain itu, Mailbox juga bisa mempelajari perilaku yang selama ini kamu jalani, jenis pesan apa yang paling banyak membutuhkan waktu untuk kamu baca, dan pesan apa yang paling cepat kamu hapus. Sayangnya, tidak ada interface khusus web, dan hanya berupa aplikasi Mac beta jika kamu ingin menggunakannya pula pada desktop-mu.

Here Maps sebagai pengganti Google Maps

Google maps merupakan lokomotif utama dari sebuah aplikasi, dengan fitur yang terus menerus diperbarui oleh para insinyurnya. Namun, aplikasi ini memiliki saingan berat berupa Here Maps yang telah dikembangkan oleh tim insinyur yang dipecat Nokia setelah perusahaan tersebut diakuisisi oleh Microsoft.

Lalu, apa yang membuat Here Maps layak diperhitungkan ? Dukungan peta mode offline yang bermutu di seluruh penjuru dunia, system yang lebih baik untuk memisahkan tempat-tempat tertentu yang disimpan ke dalam kategori tersendiri, dan layout (tampilan) yang lega dan jelas menjadikan Here Maps sangat mudah untuk digunakan. Ada pula pilihan yang terintegrasi untuk membagikan lokasi terbarumu dengan sekelompok orang yang telah terpilih.

Drop box sebagai pengganti Google Drive

Google Drive merupakan sebuah aplikasi yang dapat memenuhi beberapa fungsi yang berbeda. Tapi jika kamu ingin menggunakannya untuk melakukan penyelarasan (sinkronisasi) antar perangkat dan komputer, maka Mailbox akan sangat cocok untuk tugas tersebut. Dropbox juga mampu memback-up semua foto dan videomu di Awan (cloud), jika kamu tidak ingin menggunakan Google Photos.

Evernote sebagai pengganti Google Keep

Sebenarnya, Evernote bisa melakukan hal yang lebih banyak daripada Google Keep, jadi jika kamu mereasa bahwa aplikasi note bawaan Google sedikit membatasi, maka kamu bisa mencoba alternatif lain berupa Evernote. Evernote bisa bekerja pada hampir setiap platform dari perangkat mobile maupun desktop yang ada dan menjaga semua notebook milikmu tetap dalam sinkronisasi.

Disamping itu, berhubung Evernote berupa aplikasi yang bersifat gratis, maka kamu bisa melakukan hampir setiap cara apapun yang kamu suka : seperti menambah note, dokumen, checklist, web links, foto, dan masih banyak yang lain. Ada juga beberapa opsi sharing dan tagging bawaan. Untuk aplikasi utama, kamu bisa mendapatkannya secara gratis, namun kamu juga bisa meng-upgradenya untuk beberapa fitur ekstra.

Spotify sebagai pengganti Google Play Music

Jika kamu siap mengeluarkan biaya berlangganan bulanan, maka Spotify bisa sebanding dengan Google Play Music untuk tiap fiturnya. Misalanya saja, kamu bisa mengimport data MP3 dari komputermu ke pusat layanan, lalu menyelaraskannya ke semua perangkatmu, seperti apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi Google.
Selain itu ada pula jutaan streaming trek lagu yang tersedia sesuai permintaan tentunya, yang sebanding dengan perpustakaan musik yang bisa kamu jelajahi menggunakan Google Play Music All Access. Spotify juga mampu menebak genre music berdasarkan pada daftar putar, dan bahkan versi terbaru dari aplikasi ini mampu menyesuaikan tempo musik dengan kecepatan berlarimu.

Mozilla Firefox sebagai pengganti Chrome

Chrome memang sangat berguna karena bisa menjaga data pentingmu tetap bisa tersinkronisasi dengan desktop, namun kamu juga bisa mempertimbangkan untuk alternatif lain. Mozilla Firefox adalah salah satu browser terbaik yang tersedia di Play Store. Browser ini membawa beberapa fitur yang berguna, dan memiliki interface yang apik dan praktis. Firefox juga bekerja baik dengan memberikan keleluasaan bagimu ujntuk mengatur situs favoritmu dan menyelaraskan informasi (seperti password sebuah situs) dari desktop browser, dan juga ada beberapa add on yang tersedia. Yang terpenting, Firefox sangat cepat ddigunakan dan bisa memuat halaman dalam sekejap bahkan pada koneksi yang lebih lambat sekalipun.

Comments on this entry are closed.