Aplikasi Android Terbaik Untuk Sharing File Ukuran Besar

by aries on June 7, 2015

Tentu kamu pernah menjalani yang namanya mengedit video, membuat presentase, atau menyusun makalah yang telah menghabiskan banyak waktu. Pastinya, sebagian besar dari file ini berukuran tidak kecil. Dan, jika kamu ingin membagikannya ke orang lain, maka satu-satunya cara yang mungkin adalah dengan langsung mengirimnya menggunakan perangkat penyimpan media, karena pilihan seperti mengirimkan lewat email sepertinya tidak memungkinkan karena besarnya ukuran file.

aplikasi sharing file terbaik

Jika kamu mengalami kejaidan seperti ini, dimana kamu ingin memperlihatkan hasil kerjamu ke teman, keluarga, dosen, atau kolega, dan kamu merasa tidak punya pilihan lain, maka jangan khawatir! Karena saat ini, sudah tersedia beberapa aplikasi Android yang bisa membantumu mengirmkan & mengirimkan file berukuran besar secara instan hanya dengan menggunakan smartphone Androidmu.

1. We Transfer
We Transfer yang telah diperkenalkan sejak 2009 yang lalu, merupakan salah satu aplikasi Android tertua dan paling sering digunakan untuk berbagi (sharing) file yang berukuran besar. Meskipun begitu, We Transfer tetap memiliki ukuran file maksimum yakni 2 GB untuk setiap sesi transfernya. Berhubung meng-upload data via Wi-Fi selalu direkomendasikan daripada menggunakan paket data internet, maka kamu bisa kapan saja menghentikan sementara (pause) upload-nya saat kamu tidak dalam jangkauan jaringan Wi-Fi dan kemabli meneruskannya saat bergabung kembal dalam jaringan Wi-Fi.

2. Send Anywhere
Send Anywhere adalah aplikasi lain yang juga memudahkanmu dalam mentransfer file berukuran besar. Tidak seperti ‘Sunshine’, aplikasi ini tidak mengharuskan untuk membuat akun user terlebih dahulu sebelum memulai menggunakan aplikasinya. Sebagai gantinya, Send Anywhere menggunakan SSL security bersamaan dengan kunci password guna memasangkan dua jenis perangkat yang berbeda. Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah, tidak boleh melibatkan lebih dari dua jenis perangkat yang dipasangkan dalam satu waktu. Yang berarti, jika kamu ingin ssharing file-mu dengan beberapa perangkat sekaligus, kamu harus ‘Disconnect’ dulu memasangkan dengan perangkat yang satu, lalu memasangkannya dengan perangkat yang lain untuk membagikan satu jenis file yang sama. Tentu hal ini sangatlah tidak praktis dan mengganggu.

3. Sunshine
Aplikasi ini merupakan tool menarik bagi siapa saja yang ingin berbagi file ukuran besar hanya dalam beberapa detik. Apapun jenis filenya, jika aplikasi Sunshine ini telah diinstall di dua smartphone Android, maka data berukuran beberapa GB sekalipun bisa dikirim dan diterima hanya dalam beberapa detik. Selain itu, yang membuat aplikasi ini sangta menguntungkan adalah, aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk pengguna Android saja, namun juga untuk iOS, Mac, dan Windows Store. Kamu juga bisa membagikan data ke dan dari beberapa perangkat sekaligus. Disamping itu, kamu juga bisa dengan nyaman mengakses harddisk pada PC-mu, bersamaan menggunakan smartphonemu.

4. Android Beam
Android Beam menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication) untuk mentransfer data. Secara teknis, NFC adalah salah satu teknologi yang paling kurang disukai, dan aplikasi Android Beam menggunakannya agar bisa dimanfaatkan. Android Beam telah disertakan pada setiap perangkat Android dengan versi Ice Cream Sandwich (4.0) ke atas, dan sudah terpasang chip NFC didalamnya. Maka dari itu, kamu tidak perlu lagi untuk mendownload dan menginstal aplikasi Android yang lain.

Comments on this entry are closed.