Aplikasi File Manager Android Terbaik

by Ummy Tsabit on February 21, 2016

File manager merupakan bagian penting dari setiap sistem operasi. Entah itu kamu sedang browsing file di Window atau di Android, kamu pasti selalu perlu untuk mencari sebuah file yang ada di perangkatmu. Nah, untuk mengakomodasi kebutuhan ini, aplikasi file manager yang memiliki andil besar. Namun, pada beberapa merek smartphone atau tablet, file manager bukanlah menjadi aplikasi standar (tidak menjadi aplikasi bawaan). Untungnya, banyak sekali di Google Play Store tersedia aplikasi file manager. Lalu, mana yang terbaik? Untuk membantumu memberikan rujukan, berikut ini akan kami jabarkan tentang aplikasi file manager Android Terbaik ;

aplikasi file manager terbaik

ES File Manager (harga : GRATIS)

ES File Manager adalah salah satu aplikasi file manager paling populer yang tersedia bagi kalangan pengguna Android, karena aplikasi ini menyediakan banyak sekali fitur manajemen file. Aplikasi ini mencakup manajemen file yang mendasar dengan adanya jendela explorer untuk tindakan copy, paste, delete, dan move. Ada juga side bar untuk bisa mengakses folder favoritmu, lokasi penyimpanan lokal, gallery media, media player yang ringan, dan pembuat arsip. Selain itu, ES File Manager juga bisa bertindak sebagai klien cloud storage terbaik untuk beberapa layanan seperti Dropbox dan Google Drive, serta juga mendukung FTP dan app management.

Astro Cloud & File Manager (harga : GRATIS)

Astro Cloud & File Manager adalah salah satu pilihan populer dan kuat lain bagi aplikasi manajemen file Android. Seperti namanya, Astro menyediakan fitur manajemen baik untuk penyimpanan lokal maupun penyimpanan Cloud, yang berarti selain kamu bisa mengetahui ruang penyimpanan internal dan SD card milikmu, kamu juga bisa memperluas jangkauanmu ke Cloud. Tampilan defaultnya akan memungkinkanmu untuk menggunakan semua layar untuk mencari file-file, sedangkan dengan melakukan swipe ke samping, akan membawamu ke lokasi penyimpanan yang berbeda-beda, dan ada juga ekstra tool seperti app manager, SD card analyzer, dan pengaturan pengguna yang lain.

File Commander (harga : Gratis, In-App Purchase)

File Commander besutan Mobi System ini menawarkan para penggunanya file manager yang solid dengan fitur dan utility tambahan jika melakukan pembelian in-app purchase. Home screen dari File Commander menyuguhkan penggunanya serangkaian “library” yang dikategorikan secara otomatis seperti Audio, Video, dan Dokumen untuk akses cepat ke beberapa jenis file tertentu, dengan disertai tombol yang mengarah ke penyimpanan internal dan perangkat penyimpanan lain yang terpasang. File Commander juga mendukung akses remote, file sharing, dan Cloud storage. Sedangkan untuk tool tambahan, seperti penganalisa penyimpanan, recycle bin, dan kemampuan untuk melakukan pin file dan folder yang ada sebagai favorit, hanya tersedia dalam In-App Purchase.

Solid Explorer (harga : Gratis untuk Trial, $1.99 untuk bisa Unlock)

Solid Explorer merupakan sebuah File manager Android yang mengagumkan yang akan membawa dua jendela interface sekaligus ke perangkat mobilemu. Dua panel explorer yang independen ini, dikombinasikan dengan dukungan fitur drag and drop, membuat proses penyalinan (copying) dan memindahkan file dari lokasi yang berbeda, menjadi begitu mudah, dan bahkan kamu bisa mengatur panel untuk berselancar di Cloud storage populer seperti Drive, Dropbox, dan Sky Drive. Solid Explorer juga menyediakan dukungan untuk file arsip berupa format .zip, .tar, dan .rar, dan fungsi pencarian yang terindeks, dan mode root explorer bagi para pengguna ponsel yang sudah diroot.

AntTek Explorer Ex (harga : GRTIS)

AntTek Explorer Ex merupakan aplikasi file manager lain yang kaya fitur yang juga menerapkan dua panel interface untuk pengendalian drag and drop yang mudah, disamping juga hadir dengan banyak sekali tambahan-tambahan modern. Selain manjemen file yang basic, AntTek juga mendukung kemampuan file streaming dari remote server, Samba, dan FTP, tool manajemen cloud dari Google Drive, Skydrive, Dropbox, dan Yandex, begitu juga menyediakan player musik dan video bawaan.

Root Explorer (harga : $3.99)

Root explorer besutan Speed Software adalah sebuah nama terpercaya di ranah manajemen file Android. Ditujukan terutama bagi para pengguna dengan ponsel yang sudah memiliki akses “Root” atau superuser pada perangkat mereka, Root Explorer menyediakan akses ke level yang lebih rendah dari manjemen file Android, termasuk folder data aplikasi. Selain itu, Root Explorer juga mencakup manjemen file yang basic, dengan beberapa tambahan yang keren seperti dukungan untuk beberapa format arsip file seperti .zip, .tar, dan file .rar, manajemen cloud storage, manejemn aplikasi, editor teks, dan fitur untuk melihat database SQL.

Comments on this entry are closed.