Aplikasi Navigasi Pilihan Untuk Mudik Lebaran

by aries on July 24, 2014

Waktunya mudik…!!! Hari lebaran yang tinggal menghitung hari, dimanfaatkan oleh para perantau di kota-kota besar untuk kembali ke kampoeng halaman. Tak pelak, hal ini menyebabakan arus lalu lintas pada jalur utama arus mudik menjadi padat, bahkan macet. Bukan cuma aplikasi ramalan cuaca saja yang sangat dibutuhkan, namun aplikasi navigasi juga sama pentingnya. Apalagi, bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, biasanya sering mencari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan.

Aplikasi Navigasi Pilihan Untuk Mudik Lebaran

Beberapa pengembang aplikasi, menciptakan aplikasi navigasi yang akan membantu para pemudik dalam menginformasikan kondisi lalu lintas terkini melalui GPS. Meskipun setiap system operasi sudah menyediakan aplikasi peta bawaan masing-masing seperti Google Maps untuk Android, Apple Maps untuk iOS, atau Nokia Here Maps untuk Windows Phone, namun tidak ada salahnya jika kita menggunakan aplikasi dari pengembang pihak ketiga sebagai pilihan alternatif. Berikut adalah beberapa aplikasi navigasi yang bisa digunakan baik untuk smartphone Android, Windows Phone, iOS, atau Black Berry :

  1. Lewat Mana

Cara kerja aplikasi ini menggunakan pantauan CCTV milik TMC (Traffic Management Centre) Polda Metro Jaya dalam memnyuguhkan pantauan arus lalu lintas. Kamu bisa menyaksikannya langsung lewat video streaming atau dengan foto yang selalu di-up date setiap beberapa menit sekali. Kamu juga bisa memberikan informasi kondisi lalu lintas terkini untuk dibagikan kepada para pengguna jalan yang lain jika terjadi kemacetan atau kecelakaan agar bisa mencari jalur alternatif yang lain.

Bukan cuma pantauan lalu lintas saja, namun kamu juga bisa memperoleh informasi mengenai letak lokasi tempat-tempat penting seperti SPBU, kantor polisi, rumah sakit, halte atau tempat wisata sepanjang rute perjalanan. Sayangnya, cakupan wilayah aplikasi ini masih sangat terbatas, yakni sekitar Jabodetabek dan beberapa wilayah di Bandung dan Surabaya saja.

  1. Wisepilot- GPS Navigation

Seperti aplikasi berbasis GPS pada umumnya, aplikasi ini juga menghadirkan fitur pencarian lokasi, peta arah, dan bisa berbagi info dengan pengguna lainnya. Panduan aplikasi ini juga sudah menggunakan navigasi suara, tampilan 3D, dan diinformasikan secara real-time. Bukan itu saja, aplikasi ini juga mencantumkan estimasi jarak tempuh untuk mencapai tujuan yang kamu pilih.

Berbagai lokasi fasilitas umum seperti SPBU, ATM, pusat kesehatan, dan hotel juga bisa kamu peroleh melalui aplikasi buatan Appello ini.

  1. Indonesia Offline Map&Weather

Jika koneksi internet sangat sulit didapat saat kamu sedang dalam perjalanan mudik, aplikasi ini sangat cocok kamu gunakan karena menggunakan system offline, bukan online. Akan tetapi, caranya sedikit rumit. Kamu harus mengunduh satu persatu seluruh fitur agar bisa dijalankan dengan sempurna. Selanjutnya, kamu bisa menjalankan aplikasi ini tanpa harus terhubung dengan internet, kapanpun, dan dimanapun kamu berada.

  1. Waze Social GPS Maps & Traffic

Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi navigasi yang paling akurat dalam memberikan informasi lalu lintas. Hal ini disebabkan oleh komunitas para penggunanya yang terus menerus memberikan informasi secara real-time. Dengan semakin banyaknya pengguna, maka semakin detail pula laporan kondisi suatu wilayah.

Di Indonesia, Waze merupakan salah satu aplikasi navigasi yang cukup populer. Bukan hanya kepadatan lalu lintas, namun terjadinya kecelakaan, keberadaan polisi lalu lintas, dan juga peristiwa terkini juga dilaporkan.

Comments on this entry are closed.