Aplikasi Offline Terbaik Android

by Ummy Tsabit on December 13, 2015

Di zaman yang serba online seperti sekarang ini, tampaknya hampir setiap aplikasi membutuhkan koneksi jaringan internet agar bisa dijalankan. Entah itu aplikasi game, music player, streaming musik atau film, semuanya harus terhubung ke internet. Lalu, bagaimana jika kamu sedang kehabisan paket data internet, atau berada di lokasi dengan jaringan internet yang buruk (blank spot)? Tentu akan menjadi repot bukan? Tapi kamu tak perlu terlalu risau, karena meski begitu, masih ada beberapa aplikasi alternatif yang bisa kamu manfaatkan tanpa harus menggunakan koneksi internet. Berikut ini adalah beberapa Aplikasi Android Offline Terbaik yang masih bisa kamu gunakan sebagai sarana hiburan dimanapaun dan kapanpun kamu berada :

aplikasi offline terbaik

Spotify (Aplikasi Musik Offline Terbaik)

Tidak hanya aplikasi Spotify akan memberikanmu akses ke jutaan lagu, namun kamu juga bisa mengaturnya agar menyelaraskan daftar lagumu (playlist) di belakang layar, sehingga berarti semua koleksi musikmu akan tersedia secara otomatis ketika kamu sedang offline. Terlebih lagi, kamu juga bisa dengan mudah untuk menaruh semua musik ke kartu microSD jika kamu tidak ingin membuat penuh ruang penyimpanan internal ponselmu.

Untuk memperoleh fitur ini, kamu harus berlangganan Spotify kelas premium yang akan dikenakan biaya sekitar US $ 9,99 per bulan. Meski berbayar, ini adalah salah satu layanan musik terkeren yang kini tersedia. Tak ada yang lebih baik daripada menyimpan beberapa koleksi album favorit ke dalam perangkatmu saat kamu sedang berada di kafe Wi-Fi Bandara sebelum penerbangan agar nanti bisa kamu dengarkan selama di pesawat.

TripAdvisor (Aplikasi panduan travel offline terbaik )

TripAdvisor adalah salah satu aplikasi traveling tebaik untuk Android. Didukung dengan komunitas yang terus kian berkembang, TripAdvisor menawarkan tentang review, foto, dan feedback (umpan balik) dari sesama wisatawan dan pelancong, yang kemudian akan memberikan peringkat pada atraksi dan aktivitas wisata berdasarkan pada apa yang orang-orang katakan.

TripAdvisor dulu punya City Guides (panduan tentang suatu kota) khusus yang bisa didownload secara eksternal, namun kini semua fungsi ini telah diramu kedalam satu aplikasi sekaligus, termasuk pula akses offline ke review pengguna, peta, dan foto lebih dari 300 kota di seluruh dunia. Jadi, jika kamu sedang bepergian sebaiknya jangan tinggalkan yang namanya aplikasi TripAdvisor Hotels Flights ini.

Google Drive (Aplikasi Penyimpan Dokumen Offline Terbaik)

Meskipun Google Drive menjadi salah satu layanan penyimpanan Cloud terkemuka di dunia (yaitu menyimpan semua file Anda secara online), namun aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk men-download file dan dokumen ke perangkatmu agar bisa kamu gunakan secara offline. Kamu nantinya dapat mengerjakan file-file ini secara offline, dan mereka akan melakukan sinkronisasi langsung kembali ke dalam Cloud ketika kamu mendapatkan sambungan internet kembali.
Untuk melakukan hal ini, tekan simbol ‘i’ atau icon ‘Option’ dari file di Google Drive, lalu tap tombol yang ada di sebelah Keep on Device. Kamu dapat melakukan ini pada file sebanyak yang kamu suka, dan Google Drive akan membiarkan kamu bekerja pada file tersebut tanpa dukungan dari cloud.

Pocket (Aplikasi Offline Terbaik Untuk Menyimpan Segala Sesuatu Untuk Nanti)

Pocket adalah salah satu aplikasi offline untuk membaca paling populer yang ada di Play Store. Kamu bisa menggunakannya untuk mendownload artikel, video, dan konten lain yang kamu temukan saat online ke dalam perangkatmu, agar kamu nanti bisa membacanya secara offline. Kamu tinggal klik pada tombol ‘Share’ di artikel yang ingin kamu simpan dan pilih ‘Pocket’ untuk kamu baca nanti.

Apalagi, Pocket juga memiliki antarmuka yang didesain dengan bagus, dan ini juga merupakan cara terbaik untuk memastikan kamu tidak akan melewatkan pada konten yang tidak berhasil kamu selesaikan untuk membacanya atau menontonnya di saat pertama kali.

Offline Dictionaries (Aplikasi Kamus Offline Terbaik)

Jika kamu sedang berada di negara asing dan tidak menguasai bahasanya, maka sangat penting bahwa kamu bisa berkomunikasi dengan baik dengan penduduk lokal. Offline Dictionaries adalah aplikasi Android gratis yang memang tampil beda dari yang lain yang bisa digunakan secara offline berkat database synonim yang luas dan mendukung lebih dari 50 bahasa.

Setelah meluncurkan aplikasi ini, kamu bisa men-download semua bahasa yang kamu ingin cari rujukannya, kemudian kamu bisa melihat aplikasi ini dengan bebas tanpa harus khawatir tentang konektivitas internet.

Google Translate (Aplikasi Penerjemah Offline Terbaik)

Google Translate adalah salah satu penerjemah di luaran sana yang paling mudah digunakan dan paling efektif. Kamu bisa mengatakan taua mengetik ke Goole Translate untuk mendapatkan segala sesuatunya bisa diterjemahkan ke dalam lebih dari 90 bahasa.

Fitur kunci ini juga tersedia secara offline, selama kamu sudah men-download bahasa yang ingin kamu terjemahkan diantara kedua bahasa. Kamu juga bisa menyimpan terjemahannya, sehingga kamu nanti bisa melihatnya kembali dilain waktu.

Google Maps (Aplikasi Peta Offline Terbaik)

Memang, menggunakan versi Google Maps offline yang lama akan sedikit aneh dan kagok, namun semenjak mengalami banyak pembaruan yang terkini, fungsinya semakin jauh lebih baik daripada sebelumnya. Caranya cukup mudah, kamu tinggal men-downloadnya dengan mengunjungi tab Offline areas dalam menu pengaturan. Dari sana, kamu dapat mendownload peta sebuah kota secara utuh, termasuk sistem navigasi Google yang terkenal sangat baik, yang bisa kamu gunakan tanpa harus terhubung ke internet. Bagian terbaik dari semuanya adalah, setiap petayang didownload di area offlinemu akan secara otomatis dihapus setelah lewat masa 30 hari, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang aplikasi yang tidak terpakai yang akan mengambil ruang penyimpanan yang tidak perlu.

Comments on this entry are closed.