Aplikasi Yang Paling Menguras Baterai

by Siti Eka Kurniati on June 17, 2016

Jika kamu salah seorang pengguna Android, tentu kamu akan memenuhi ponselmu dengan berbagai aplikasi dan game terpopuler saat ini. Namun, seberapapun terkenalnya beberapa aplikasi ini, banyak dari mereka yang justru bisa merugikanmu karena mereka akan menguras daya bateraimu dan membuatnya cepat drop. Penasaran dengan aplikasi Android apa saja yang sangat boros  baterai ? berikut adalah ulasan lengkapnya :

Snapchat

Menggunakan Snapchat mungkin menyenangkan, namun aplikasi ini juga banyak menyedot sumber daya, baik dalam hal penggunaan ruang memori ataupun daya baterai. Aplikasi yang mirip Instagram ini adalah salah satu biang kerok terburuk di daftar ini dan dapat mengkonsumsi banyak penyimpanan internal ponselmu jika kamu tidak berhati-hati. (Terlepas dari reputasinya sebagai aplikasi foto di mana semua foto akan segera dihapus!). Coba juga untuk memonitor efeknya terhadap penggunaan data seluler juga dengan pergi ke Pengaturan> Mobile data. Dan kamu mungkin akan terkejut.

Spotify

Spotify juga akan banyak memakan storage dan daya baterai pada perangkat dengan aplikasi streaming musiknya yang memungkinkan 3.333 lagu untuk disimpan secara lokal, yang dapat memakan banyak ruang memori. Aplikasi ini juga akan menguras baterai berkat data musiknya yang berat, dan apalagi sekarang layanan ini juga menawarkan video.

Netflix

Bukan menjadi sebuah kejutan lagi jika Netflix mengkonsumsi daya baterai yang besar. Netflix adalah aplikasi instan untuk menonton acara TV dan film dan tampilan layar ponselmu lah yang akan mengkonsumsi sebagian besar daya perangkatmu. Pertimbangkanlah untuk menonton Netflix dengan tingkat kecerahan layar yang rendah ketika kamu bisa. Menonton di ruangan gelap di malam hari, benar-benar tidak bisa dijadikan alasan untuk menaikkan kecerahan layar ponsel ke tingkat maksimal.

Amazon shopping

Aplikasi Amazon Shopping adalah aplikasi penguras baterai yang sedikit licin karena tampilannya terlihat  cukup sederhana. Mungkin ini tampaknya sedikit aneh: aplikasi lain yang ada pada daftar menyebabkan banyak kerusakan pada baterai melalui penggunaannya yang berat, aplikasi Amazon Shopping tentu kelihatannya tidak dapat menggunakan begitu banyak daya bukan?

Ada Dua hal yang bisa jadi penyebabnya. Pertama, Amazon Shopping tidak bisa dioptimalkan dengan sangat baik untuk Android: waktu relatif yang dihabiskan untuk aplikasi ini dibandingkan dengan efeknya terhadap baterai umumnya lebih tinggi dari aplikasi lain. Kedua, seperti halnya aplikasi cuaca dan email, aplikasi Amazon Shopping beroperasi di latar belakang sehingga tetap up to date dengan penawaran terbaru dan promosi. Gabungan dua hal inilah yang menyebabkan penggunaan baterai menjadi tinggi.

Outlook

Aplikasi Outlook adalah aplikasi penguras baterai yang lain. Entah karena kita terlalu sering mengeceknya, atau frekuensi sinkronisasi emailnya terlalu tinggi, Outlook bisa menjadi ancaman bagi daya perangkatmu. Lagipula, kamu sebenarnya juga tidak terlalu membutuhkan aplikasi ini. Kamu masih bisa menggunakan aplikasi email bawaan Android untuk menerima berbagai email. Idealnya, kamu sebaiknya hanya menggunakan satu aplikasi email saja pada perangkatmu dan gunakan aplikasi tersebut untuk memenej semua akunmu.

Comments on this entry are closed.