Arti dan Makna Logo HUT RI ke-70 Tahun

by aries on August 16, 2015

Ada yang menarik tentang Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-70 yang jatuh tepat pada tahun 2015 kali ini. Saat melihat logo resmi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut, bentuknya sangat simpel dan tidak neko-neko. Logonya hanya tersusun dari angka tujuh dan nol berwarna putih dengan hiasan sayap di ujung angkanya, yang berada dalam lingkaran warna merah serta dikelilingi tulisan “Indonesia Merdeka” dibagian atas, dan “Ayo Kerja” di bagian bawahnya. Saya jadi penasaran untuk mengetahui arti dan makna logo tersebut, apakah juga sesimpel dengan gambar logonya?

Arti dan Makna Logo HUT RI ke-70 Tahun

Saya yakin, setiap logo, entah itu logo sebuah perusahaan, instansi, lembaga sosial atau dalam hal ini logo peringatan Hari Kemerdekaan RI, pasti memiliki sebuah maksud dan makna tertentu. Karena, sebagiamana ungkapan yang saya dengar langsung dari teman saya, dan saya juga percaya akan hal itu, “Logo itu berbicara” .

Jadi, apa makna dibalik pembuatan logo HUT RI yang ke 70 kali ini? Yuk kita intip penjelasan makna logo menurut Shafiq Muljanto, selaku anggota tim pembuatan logo tersebut dari Creative Director di Dentsu Start, yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber.

  1. Logo Indonesia 70 hanya menggunakan dua warna, yakni merah dan putih yang berarti keberanian untuk bertindak disertai kemurnian hati. Jadi, dalam melakukan apapun kita berani serta didasari dengan kemurnian hati atau ikhlas bukan karena pujian, sanjungan ataupun yang lainnya. Sedangkan backgroundnya yang berwarna merah menandakan sebuah semangat yang menyala untuk memperjuangkan kemerdekaan sejati.
  2. Sedangkan sayap yang berada di angka tujuh dan nol merupakan singkatan dari 45 yang tidak lain mewakili sebuah “semangat 45”
  3. Untuk tagline “Ayo Kerja” adalah sebuah semangat baru untuk menjadikan Indonesia lebih giat bekerja. Baik bekerja untuk memberantas korupsi atau menata pemerintahan yang adil dan makmur agar Indonesi bisa lebih maju.
  4. Untuk bayangan pada angka tujuh dan nol bermakna sebuah perjalanan panjang memperjuangkan kemerdekaan sejak 70 tahun silam.

Sudah bukan hal yang tidak asing lagi, bahwa setiap hasil karya yang sudah kelar termasuk juga logo HUT RI ke 70 ini, pasti menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada yang mengapresiasi logo tersebut karena unik, simpel dan memiliki arti yang sesuai dengan kedaan bangsa kita saat ini. Namun, tak sedikit pula dari kalangan masyarakat yang mengkritik lago tersebut. Salah satunya, angka 70 pada logo tersebut kurang bisa mengesankan Sang Burung Garuda. Penambahan adanya bayangan pun juga tidak lepas menuai kritik karena sebuah bayangan sudah sering digunakan untuk sebuah logo pada umunya.

Baca juga; Kumpulan DP BBM 17 Agutusan, lucu dan menarik

Saat ditanya mengenai komentar miring terhadap logo yang dibuatnya, Shafiq terlihat santai dan justru malah senang karena ada yang mengomenatri logo tersebut. Nah, sekarang bagaiamana menurut kamu tentang logo HUT RI ke 70 ini?

Comments on this entry are closed.