Asus ZenPower, powerbank mini ber-mAh maksi

by aries on July 24, 2015

Kalau kita bahas ciri khas dari Android, pasti yang paling utama bisa ditebak adalah karakternya yang cepat menguras daya. Dengan aplikasi penghemat baterai Android saja kayaknya kurang cukup bisa menjadi sebuah solusi. Apalagi dari mereka yang memiliki lebih dari satu hp Android. Tentu saja jawaban yang paling tepat untuk mengatasi kebutuhan daya adalah power bank.

Sedangkan powerbank pada zaman sekarang cukup beragam, baik yang asli ataupun yang palsu. Ukuran dan kapasitasnya juga cukup beragam, ada yang ukurannya besar menyesuaikan kapasitas mAh-nya yang besar. Tapi, ada pula yang ukurannya kecil namun kapasitasnya cukup besar. Salah satunya adalah Asus ZenPower yang hanya memiliki seukuran kartu ATM dengan kapasitas 10050 mAh. Penasaran dengan power bank yang satu ini? Simak ulasannya berikut ini:

Desain

Mungkin Asus akan menciptakan sebuah tren sendiri dengan mengeluarkan powerbank mini namun kapastisnya yang maksi. Asus ZenPower yang memiliki dimensi 90.5 X 59 X 22 mm ini mampu untuk mengisi daya dua smartphone bahkan bisa tiga secara bergantian.

Asus ZenPower ini teras lebih simpel karena menempatkan USB port baik input ataupun outpun, LED indikator, dan tombol power berada di salah satu sisi saja. Jadi lebih mudah untuk mengontrol tanpa harus membolak-balikkan perangkat.

Fitur

Bisa dibilang powerbank saat ini merupakan aksesoris yang paling banyak dicari karena mimiliki fitur yang sesuai dengan ekpektasi. Sebagai contoh, powebank dengan kapasitas besar bisa dibuat ngecas baterai smartphone 3000 mAh sebanyak dua kali.

Meski Asus ZenPower ini memiliki kapastias cukup besar, tidak lantas saat pengisian ulang menjadi lama. Karena powebank ini bisa diisi degan kekuatan arus 2.4 A (quiq charging) sehingga lebih cepat penuh dan siap digunakan kembali. Selin itu Asus ZenPower memiliki fitur PowerSafe yang berfungsi untuk mengentrol pengisian supaya bisa berjalan semestinya. Tak hanya itu, ZenPower juga bisa meyesuakian temperatur sekitar saat melakukan pengisian sehingga masa pakainya bisa menjadi lebih awet.

Kinerja

Dari hasil uji kinerja yang dilakukan oleh tabloid sinyal, hasilnya cukup memuaskan. Smartphone LG G2 yang memiliki kapasitas baterai 3000 mAh dan Sony Xperia Z3+ yang memiliki kapasitas batari 2930 mAh mampu diisi penuh secara bergantian saat kondisi baterai dari keduanya krisis. Itupun ZenPower masih menyisakan sekitar 25 persen daya dengan tanda lampu indikator masih nyala satu.

Harga & Daya Saing

Untuk urusan harga, Asus ZenPower dibandrol 269 ribu, bisa dibilang cukup sepadan dengan kinerja dan desain yang diawarkan. Ada powerbank yang casingnya sama dengan ZenPower, yakni Mi Bank yang dibanderol 350 ribu. Perbedaannya hanya pada ukurannya yang lebih panjang dan kapasitas mAh-nya lebih gede, yakni 16000 mAh. Jadi kalau dibanderol harga segitu masih dimaklumi.

Comments on this entry are closed.