Batasi akses internet smartphone Android dengan Firewall

by aries on October 13, 2014

Pernahkah Anda mengalami kejadian dimana tiba-tiba kuota internet cepat habis terkuras, padahal pemakaiannya tidak berlebihan? Jika iya, Anda harus baca cara menghemat kuota internet Android. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan pengaturan akses internet di Android. Sebagian aplikasi memang secara tersembunyi (background) masih menggunakan akses internet di Android, sehingga tetap menguras kuota internet. Untuk mengatasinya, sebaiknya pasanglah Firewall. Fungsi dari Firewall sendiri adalah menghalangi akses internet ke perangkat digital Anda seperti komputer, smartphone, maupun tablet. Sehingga semua komunikasi yang masuk ke dalam atau ke luar bisa disaring dan dibatasi sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Batasi akses internet smartphone Android dengan Firewall

Sebenarnya, banyak sekali aplikasi Firewall yang terdapat pada Google Play Store. Namun, Droid Wall dan NoRoot Firewall merupakan aplikasi Firewall yang paling mudah dioperasikan dan memorinya juga tidak berukuran besar. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang Firewall pada smartphone Android:

  1. Droidwall untuk Perangkat yang sudah di root

Jika smartphonemu sudah di root, maka aplikasi Firewall yang paling cocok adalah Droid Wall. Selain ukurannya yang kecil, aplikasi ini juga bisa membatasi aplikasi apa saja yang biasanya menguras kuota internet Anda. Cara pengoperasiannya juga mudah karena hanya terdiri dari satu halaman muka saja. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang dan mengoperasikan Droid Wall pada smartphone Android Anda:

  • Unduh dan install Droid Wall dari Google Play Store.
  • Buka Droid Wall dan tunggu hingga Firewall ini menampilkan seluruh aplikasi yang terpasang pada perangkat Anda.
  • Dalam Droid Wall, terdapat dua mode: White List untuk daftar aplikasi yang diperbolehkan mendapat akses internet secara langsung, dan Black List untuk daftar aplikasi yang tidak diijinkan untuk mendapat akses internet.
  • Pertama-tama, pilihlah mode White List terlebih dahulu. Beri tanda centang pada aplikasi mana saja yang boleh mendapatkan akses internet baik melalui jaringan Wi-Fi, 3G, atau keduanya.
  • Setelah itu, tekan tombol Menu (fisik) sampai muncul beberapa opsi tambahan. Tekan Save Rules untuk menyimpan pengaturan yang telah dilakukan. Tekan pula Firewall Enable untuk mengaktifkan pengaturan tadi.
  • Khusus untuk aplikasi yang baru saja dipasang, Anda juga tidak akan mendapatkan akses internet sebelum Anda memasukkannya ke daftar White List. Untuk itu, tambahkan aplikasi yang baru terpasang tadi ke White List agar mendapat akses internet.
  • Selanjutnya beralih ke Black List. Untuk mode Black List, lakukan langkah serupa yang Anda lakukan pada White List. Setelah semua selesai, tekan Exit.
  1. NoRoot Firewall untuk perangkat yang belum di root.

Sesuai dengan namanya, aplikasi Firewall ini memang sangat pas untuk perangkat Android yang belum di root. Cara kerja dari aplikasi ini dengan membuat sebuah Virtual Private Network (VPN) local di Android yang nantinya akan memonitor lalu lintas keluar masuknya data, dan mendeteksi aplikasi-aplikasi mana saja yang menggunakan akses internet. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang dan menggunakan NoRoot Firewall pada smartphone Anda:

  • Setelah mengunduh dan menginstall NoRoot Firewall, jalankan aplikasi ini. Tekan Start pada tampilan awal. Jika ingin Firewall ini aktif secara otomatis, maka kamu bisa memberi tanda centang pada Auto Start on Boot.
  • Lalu, Firewall akan memberi konfirmasi untuk membuat VPN. Beri tanda centang pada kolom I Trust This Application, dan tekan OK.
  • Setelah aktif, kamu bisa mengatur aplikasi mana yang hendak dibatasi akses internetnya.
  • Untuk kategori Pending Access, akan menampilkan aplikasi-aplikasi yang hendak meminta akses internet namun menunggu Anda untuk memperbolehkan. Pilih Allow untuk mengijinkan, dan pilih Deny untuk menolaknya.
  • Beralih ke kategori Apps. Kamu tinggal memberi tanda centang pada aplikasi yang diperbolehkan mengakses internet, baik pada jaringan WiFi atau 3G.
  • Pada kategori Global Filters, kamu juga bisa menentukan sendiri alamat sebuah situs yang ingin dibatasi akses internetnya dengan memasukkan Address serta Port yang dimaksud, dan tekan OK.
  • Kamu bisa memantau aktivitas NoRoot Firewall pada tampilan notifikasi. Jika ingin mematikan Firewall ini, tekan Disconnect.

Itulah cara membatasi akses internet dengan firewall di smartphone Android. Dengan cara ini, jelas kuota internet kita akan lebih terarah pada pemakaian yang kita kehendaki saja. Selamat mencoba.

Comments on this entry are closed.