Belanja Online? Mengapa Tidak!

by aries on May 26, 2015

Sekarang ini memang zamannya serba praktis. Jika ingin membeli barang atau kebutuhan, kita tidak perlu repot-repot datang ke toko atau swalayan. Cukup duduk manis di depan computer ataupun smartphone kesayangan kita, dalam sekejap transaksi sudah bisa dilakukan, bahkan dalam waktu kurang dari 30 menit. Kita cukup buka situs atau aplikasi sebuah toko online, pilih barang yang dikehendaki, bayar dengan e-banking dan TADAA…, barang sudah ada di depan mata dengan segera dalam jarak beberapa hari kemudian. Mudah sekali bukan?

fenomena belanja online

Sekarang ini, barang apapun yang kamu butuhkan sudah tersedia dan bisa dipesan via online, tidak tertentu hanya pada produk makanan saja, namun mulai dari peralatan rumah tangga, peralatan otomotif, gadget, fashion, hingga peralatan dapur pun bisa kita dapatkan via online. Produk gadget pun yang cukup riskan untuk dibeli via online, kini juga terbukti sudah banyak yang melakukannya. Banyak situs-situs resmi yang melayani jual beli online dan bisa dipercaya. Seperti Lazada, Bli-Bli, Tokopedia, dan OLX. Tapi, walaupan bagaimanapun juga, kita tetap kudu waspada. Karena situs abal-abal yang jualan online juga tak kalah banyak.

Semakin maraknya jual beli via online saat ini memang tak bisa lepas dari pengaruh gaya hidup kantoran di perkotaan yang cukup besar. Jam kerja yang sangat padat di weekday (hari kerja) membuat mereka akan lebih memilih beristirahat di akhir pekan daripada harus keluar rumah untuk berbelanja.

Maka dari itu, membeli via online merupakan salah satu cara cerdas dalam berbelanja. Pertama, jelas kita bisa menghemat waktu dalam melakukan transaksi. Kedua, membeli via online harganya terkadang bisa lebih murah daripada kita membeli di toko. Selain itu, belanja online sering memberikan diskon ataupun bonus tambahan. Ketiga, jika situs belanja online itu bisa dipercaya, maka kita akan bisa mendapatkan barang asli yang berkualitas hanya dengan melakukan transaksi via online dan tinggal menunggu barang pesanan kita diantar sampai di rumah.

Promosi dan diskon yang menggiurkan

Ini merupakan salah satu faktor pemikat utama yang membuat orang lebih memilih belanja via online. Siapa yang tidak ingin mendapatkan harga murah saat sebuah produk sedang memberikan harga promo atau diskon. Setiap orang pasti menginginkannya bukan? Sedang tidak punya dana yang cukup? Jangan khawatir! Beberapa situs belanja online terkemuka telah menyediakan sistem cicilan /angsuran bagi pembelian produk tertentu.

Kini, belanja online seolah sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi kita, karena bila dalam sepekan saja kita nggak belanja online rasanya ada yang kurang dalam menjalankan aktifitas. Tidak hanya sekedar memenuhi hasrta saja, namun belanja online juga merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Nah! Apalagi untuk belanja gadget. Tiap hari ada saja informasi yang membicarakan keluarnya produk smartphone atau tablet terbaru dengan berbagai fitur unggulannya. Apalagi jika produk itu masih terbatas dan belum banyak beredar di pasaran, sehingga satu-satunya cara yang mungkin kita tempuh untuk mendapatkannya adalah dengan membelinya secara online. Tentu saja hal ini membuat angka pembelian gadget via online di Indonesia semakin meningkat tajam dengan rata-rata pertumbuhan mencapai 50-60% dalam setahun terakhir. Sebut saja seperti penjualan Lenovo A6000, Xiaomi Mi2, dan Asus Zenfone 2 yang mampu tembus hingga angka puluhan ribu unit. Ini membuktikan, semakin banyaknya masyarakat yang sudah percaya dan tidak ragu lagi untuk berbelanja via online. Dan yang harus diingat, belanja online dibuat untuk memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan Anda. Jangan sampai malah membuatmu kecanduan sehingga secara tak sadar kamu akan terus menerus mengeluarkan dana hanya untuk membeli barang yang bisa memuaskan matamu saja.

Comments on this entry are closed.