Berapakah Harga Domain & Biaya Sewa Hosting?

by aries on July 9, 2013

Untuk membuat sebauh website atau blog salah satunya diperlukan sebuah domain dan hosting, lantas berapakah biaya untuk pembelian domain dan sewa hosting? Sebelum menjawab pertanyaan ini, marilah kita ulas sejenak tentang domain dan hosting itu sendiri.

pengertian domain dan hosting

DOMAIN

Domain adakalanya gratis seperti .blogspot.com atau .wordpress.com atau berbayar dalam jangka waktu tahunan sesuai kesepakatan awal pembelian. Domain atau TLD ada aturan mainnya, artinya kita tidak bisa membuat TLD sendiri sesuai keinginan, melainkan sebuah TLD sudah ditentukan, seperti .com, .org, .net, .co, .biz, .asia, .edu dan lain sebagainya. Domain .com merupakan domain yang paling terkenal. Untuk itu, jika ingin membuat sebuah website, pilih domain .com terlebih dahulu.

NO

D O M A I N

H A R G A

KETERANGAN

01 .com Rp. 80.000 Per Tahun
02 .net Rp. 80.000 Per Tahun
03 .org Rp. 80.000 Per Tahun
04 .biz Rp. 80.000 Per Tahun
05 .info Rp. 80.000 Per Tahun
06 .ws Rp. 250.000 Per Tahun
07 .tv Rp. 275.000 Per Tahun
08 .asia Rp. 150.000 Per Tahun
09 .co Rp. 290.000 Per Tahun

Setelah domain, hal yang tidak bisa dipisahkan darinya adalah domain name atau nama domain. Pengertian atau definisinya adalah sebuah nama pengganti dari deretan angka IP yang digunakan untuk mendeteksi sebuah server komputer, baik di jaringan komputer ataupun internet. Artinya sebuah server bisa diketahui keberadaanya dan diakses dengan adanya domain tersebut. Nama domain sering kali juga di istilahkan untuk sebuah website atau alamat website, seperti contoh ‘alltutorial.net’ atau ‘indoblog.co’. Nama domain tidak ada ketentuan, ini bebas sesuai keinginan, namun tetap terbatas. Artinya sebuah nama domain harus menggunakan deretan huruf a,b,c,d, dst dan atau “-“ tanpa tanda kutip, dan atau deretan angka 1,2,3,4 dst. Misalnya, alltutorial.net, all-tutorial.net, 4alltutorial.net.

HOSTING

Hosting atau web hosting merupakan sebuah tempat penyimpanan data berupa komputer yang sudah diprogram secara khusus dan berbasis internet, artinya sebauh data yang tersimpan dalam hosting tersebut bisa diakses oleh siapa saja dengan mengunakan koneksi internet. Untuk itu sebuah webhosting harus memiliki computer high class agar mampu online 24 jam nonstop tanpa pernah mati. Dengan demikian, ada jasa layanan web hosting dengan segala macam tawaran sesuai kebutuhan. Mulai dari harga 2.500 sampai 88.000 perbulan. Semakin mahal secara otomatis spacenya atau tempat penyimpanan data semakin besar. Biasanya, jasa layanan web hosting juga sekaligus menyediakan domain. Untuk di Indonesia, jasa layanan hosting terbaik dan professional adalah PT. Master Web Network. Sedangakan di luar negri, Bluehost merupakan satu-satunya web hosting yang direkomendaskan langsung oleh wordpress. Di kedua tempat tersebut anda bisa memilih layanan hosting sesuai kebutuhan sekaligus membeli domain dan cek ketersediaan nama domain.

Kesimpulannya, untuk membuat website membutuhkan biaya domain dan sewa hosting kurang lebih antara 110.000 – 1.136.000 pertahun. Jika menggunakan domain gratis seperti disebutkan di atas, tidak perlu membayar biaya sewa hosting karena domain dan hostingnya sudah digratiskan dalam satu paket. Mau…?

.

bagi ilmu April 16, 2014 at 7:24 pm

Kalau sewa kita habis, data blog tersimpan atau dihapus otomatis gan?

aries April 18, 2014 at 6:11 pm

iya, tapi terkadang mereka masih menyimpan.

Comments on this entry are closed.