BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069), Bagaimana Solusinya?

by aries on September 19, 2015

Pernah kamu mengalami masalah BROM ERROR : S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069) saat flashing Android dengan SP flash tool? Jika iya, berarti sama dengan yang saya alami. Sebelum kita mencari solusi tentang cara mengatasi error tersebut. Coba kita amati dari pesan eror yang muncul, sehingga kita nanti bisa mencari solusi yang tepat.

BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069), Bagaimana Solusinya?

Melihat pesan eror di atas yakni “S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE” memberi pengertian kepada kita bahwa proses flashing tidak bisa dilanjutkan karena tidak cukup ruang untuk menyimpan file system saat proses flashing. Berarti kita harus mencari penyebab tidak adanya ruang untuk menyimpan system.

Hal yang terkait erat dengan memori penyimpanan file system adalah eMMC. Berarti eMMC tidak memiliki ruang untuk meyimpan file system sehingga proses flashing pun gagal dan muncul pesan eror diatas.

Untuk lebih jelasnya dalam menentukan apakah yang eror itu EMMC atau yang lainnya, maka kita coba lakulan test memori. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka SP flashtool versi 5, kemudian klik scatter loading. Masukkan file scatter yang ada di folder firmware.
  2. Setelah itu, pilih tabulasi Memory test – klik Start. Koneksikan HH ke PC, lalu pasanga baterainya. Tunggu proses memory test selesai.
  3. Setelah saya melihat hasil memery test, disana EMMC baik-baik saja. Namun yang eror adalah NAND Flash-nya.

Dari hasil test tersebut, saya mencoba memformat EMMC seperti ketika Android mengalami eror masalah PMT Change. Selesai format, saya coba flash ulang. Namun, BROM ERROR : S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069) tetap saja muncul.

Sampai di sini saya sedikit bingung, mengingat hasil test EMMC tidak ada masalah yang bermasalah hanya NAND Flash. Untuk itu, saya mencoba cari referensi tentang perbedaan EMMC dengan NAND Flash.

Menurut pemahaman yang saya dapatkan dari situs http://ubm.io/1W9vPm9 memberikan pengertian bahwa NAND Flash adalah bagian dari EMMC yang berfungsi untuk menyimpan sebuah data system saat proses flashing. Jadi ketika NAND Flash rusak secara otomatis harus mengganti EMMC. Karena EMMC dan NAND Flash seperti satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Lalu bagaimana cara mengganti EMMC? Untuk hal ini tentunya akan lebih bijaksana kita serahkan kepada ahlinya. Saya yakin, mereka pasti lebih tahu persis untuk mengatasi masalah eror tersebut. Entah hanya direparasi atau diganti, kita serahkan saja kepadanya.

Mungkin artikel ini masih belum bisa seratus persen memecahkan masalah, namun setidaknya kita jadi tahu atau punya gambaran mengenai masalah BROM ERROR : S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069). Sehingga bisa secepatnya mengambil langkah-langkah kongkrit.

Video diatas, hanya sebagai bukti bahwa hal ini benar-benar terjadi pada Evercoss A7S milik saya dan sudah saya coba untuk menganalisa hal tersebut.

Comments on this entry are closed.