Cara agar Windows 7 tidak sleep

by aries on October 28, 2014

Secara default, system operasi Windows 7 akan sleep dalam jarak 30 menit ketika sebuah komputer didiamkan saja. Untuk sepuluh menit pertama, layar monitor akan mati dengan sendirinya, sedangkan 20 menit kemudian windows 7 akan sleep secara otomatis.

Setingan default seperti ini akan sangat bermanfaat jika memang komputer benar-benar tidak digunakan. Selain menghemat biaya tagihan listrik, bisa juga menghemat baterai laptop. Namun terkadang setingan default ini  mengganggu aktivitas kita yang bisa dihandel oleh Windows 7 itu sendiri. Seperti contoh, kamu download sebuah file video yang memakan waktu lebih dari 30 menit. Kalau komputer didiamkan saja, secara otomatis akan sleep dalam waktu 30 menit. Kalau sudah begini, download file tersebut bisa gagal. Karena system operasi windows tersebut tidak bekerja gara-gara sleep otomatis tadi. Ibarat manusia, saat tidur (sleep) kan gak mungkin bisa sambil kerja?

Kalau kita nungguin download sampai selesai dengan sesekali menggerakkan mouse agar tidak sleep, jelas bukan pilihan yang tepat dan tentunya kita akan capek. Mending dibuat aktivitas lain, seperti tidur atau lainnya. Nah, agar windows 7 tidak sleep dengan sendirinya, kita harus merubah setingan defaultnya. Berikut langkah-langkhanya;

  1. Klik Start > Control Panel
  2. Pada kotak dialog yang ditampilkan, pilih System and security.
  3. kemudian klik Power option
  4. pada kotak dialog yang ditampilkan, pilih Change plan settings
  5. Pada Turn off the display, kamu bisa mengatur sesuai kebutuhan. Misalnya 10 menit. Ini berarti ketika komputer didiamkan selama 10 menit, maka monitor akan mati (tidak menampilkan gambar apapun). Sedangkan pada Put the computer to sleep, kamu bisa pilih Never atau sesuai kebutuhan.
  6. dengan pengaturan seperti yang kita inginkan, kita tidak perlu khawatir lagi gagal download file gara-gara komputer sleep dengan sendirinya. Jadi kita bisa dengan enjoy melakukan aktivitas lain.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara agar windows 7 tidak sleep atau mengatur tenggang waktu sleep sesuai kebutuhan, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.