Cara aktifkan panggilan suara di WhatsApp

by aries on April 14, 2015

Hari ini (14 April 2015), ada tetangga sebelah yang tanya kepada saya begini.

Bagaimana cara mengaktifkan panggilan suara di WhatsApp. Kok kata anak saya yang ada di Madiun sana bisa buat call plus muncul videonya (panggilan video).

Sebelum menjawab pertanyaan ini, saya bertanya-tanya pada diri sendiri, apa bisa WhatsApp buat call. Setelah melihat aplikasi WhatsApp di smartphone Android saya, ternyata benar sekarang WhatsApp sudah meyediakan layanan call. Hal ini tidak saya sadari sebelumya, mengingat saya lebih sering pakai BBM ketimbang WhatsApp.

Cara aktifkan panggilan suara di WhatsApp

Namun, milik tetangga saya tadi belum ada fasilitas buat call, kemudian saya rekomendasikan untuk update WhatsApp versi terbaru di playstore atau situs resminya di www.whatsapp.com. Setelah update, otomatis fasilitas call di WhatsApp telah aktif.

Untuk menggunakannya, buka WhatsApp dan masuk ke tab Contacts – pilih kontak lalu takan tombol call yang ada dibagian atas. Jika si penerima mengaktifkan paket data, secera otomatis dia akan menerima panggilan suara di WhatsApp-nya. Sedangkan tab Call, adalah semacam history dari panggilan yang sudah dilakukan. Dan kita juga bisa melakukan panggilan lagi dari tab call tersebut. Layanan panggilan ini juga menyediakan fasilitas untuk mengaktifkan suara dari speaker. Hal ini berguna untuk memperjelas suara dari lawan bicara. Caranya; setelah berhasil terhubung ke lawan bicara, tekan ikon speaker yang terletak di sisi kiri bagian bawah.

Perlu diketahui, paggilan dengan WhatsApp ini hanya sekedar panggilan suara saja, bukan panggilan video seperti yang ditanyakan oleh tetangga saya tadi. Dan kita tidak bisa memanggil ke kontak yang WhatsApp-nya belum di update ke versi terbaru. Lho bagaiamana cara mengetahuinya, cukup panggil seperti cara di atas. Jika muncul “Ira (nama kontak di WhatsApp saya) need to update the app to receive WhatsApp calls” berarti si Ira belum pakai WhatsApp versi terbaru, makanya tidak bisa menerima call dari saya. Menurut salah satu sumber tabloid smartphone, panggilan suara di WhatsApp hanya bisa digunakan untuk pengguna smartphone Android. Dan sejauh ini belum ada informasi, apakah bisa digunakan pada Windows Phone, iOS  atau yang lainnya.

Comments on this entry are closed.