Cara Aman Ketika Menggunakan Wifi Publik

by Siti Eka Kurniati on March 10, 2016

Siapa sih yang ngga suka gratisan? Apapun yang gratis itu pasti akan sangat digandrungi. Termasuk pula wifi gratis alias wifi public yang sekarang ini sudah banyak tersebar di berbagai titik. Menjamurnya hotspot wifi seperti di tempat makan, hotel, kafe, dan juga taman kota membuat masyarakat menggunakan fasilitas gratis tersebut untuk melakukan aktifitas di gadget merepa seperti smartphone, notebook atau tablet.

cara aman saat menggunakan hotspot gratis

Hmm.. tapi yang perlu diperhatikan saat kamu menggunakan wifi public adalah wifi gratis atau wifi public cenderung memiliki resiko keamanan yang rendah. Jadi, bagi kamu yang ingin tetap memanfaatkan fasilitas gratis ini namun data pribadimu juga tetap aman, simak tips nya berikut ini.

VPN

Jika kamu ingin aman saat menggunakan hotspot gratis, gunakanlah VPN. Apa itu VPN? VPN adalah kepanjangan dari Virtual Private Network. VPN biasanya difungsikan sebagai bypass proxy. Selain itu, dengan VPN surfing internt tidak akan dikenali. Hal ini bisa terjadi karena proxy yang asli tertutup oleh proxy milik VPN. Misalkan saja kamu menggunakan proxy Amerika pada settingan VPN, maka mesin akan mengenali proxymu bukan berasal dari Indonesia melainkan Amerika.

Matikan Sharing.

Fitur sharing, entah sharing printer, scanner, file atau yang lainnya, sangatlah bermanfaat jika kamu sedang berada di rumah atau di kantor. Tetapi, ketika kamu menggunakan wifi public, akan lebih aman untuk mematikan feature sharing. Pergilah ke control panels – Network and Internet – Network and Sharing Center – Change adnvanced sharing setting – matikan mode sharing lalu simpan pengaturan. Kamu bisa mengaktifkan kembali feature berbagi atau sharing jika kamu berada di jaringan wifi rumah atau kantor yang aman dan terproteksi.

Hidupkan Firewall

Firewall memang tidak menyediakan perlindungan secara penuh terhadao device kamu, tetapi dengan firewall keamanan device akan terbantu. Kamu bisa mengaktifkan firewall melalui control panel – System Security – Windows Firewall – Turn Windows Firewall On or Off lalu aktifkan firewall.

Anti Virus

Bukan hanya di wifi public saja anti virus dibutuhkan. Antivirus merupakan aplikasi atau software yang wajib diinstal untuk mendeteksi gangguan virus serta membasminya. (baca : aplikasi antivirus android terbaik)

Jangan Gunakan Sambungan Otomatis

Model smartphone saat ini sering menggunakan sambungan wifi secara otomatis dan akan selalu mendeteksi atau mencari keberadaan wifi dimanapun kamu berada. Selain bisa menyebabkan betarai hp boros, wifi public yang akan otomatis tersambung juga terkadang tidak akan kamu ketahui. Matikan sambungan secara otomatis dan apabila kamu telah selesai menggunakan layanan internet maka segera tekan lupakan pada wifi tersebut.

Comments on this entry are closed.