Cara atasi for 2011 devices line, be sure you are not in MTP mode

by aries on September 9, 2015

Setelah saya berhasil merename file ZIP ke FTF pada firmware Xperia Miro, akhirnya saya bisa langsung melakukan langkah selanjutnya, yakni flashing Xperia Miro yang mengalami masalah sinyal internet yang tidak kunjung aktif seperti saya jelaskan sebelumnya.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah, flashing dengan firmware 11.0.A.58 atau lebih baru dari versi yang digunakan Xperia Miro saat ini. Lho kok tidak disesuaikan saja dengan versi yang digunakan sekarang? Tidak ada alasan yang tapet untuk menjawab pertanyaan ini, yang jelas ingin coba-coba dengan firmware yang baru. 🙂

Karena dulu saya pernah flash Sony Xperia W8, langkah-langkah yang saya lakukan untuk Sony W8 saya terapkan untuk flashing Sony Xperia Miro. Sayang dengan langkah ini tidak berhasil, dan ada kendala, tepatnya setelah saya menghubungkan kabel USB ke PC ada pesan seperti ini;

Device connect with USB debugging off
for 2011 devices line, be sure you are not in MTP mode.

Sekilas memahami pesan yang muncul sepeti diatas, seakan-akan kita harus mengkoneksikan Sony Xepria Miro yang mau di flash dalam keadaan aktif USB debugging nya. Akhirnya, saya cabut kabel USB lalu mengaktifkan USB debugging nya. Saya coba flsh ulang, namun masih saja muncul pesan yang sama.

Seperti biasa, ketika sudah tidak bisa memecahkan masalah, saya coba cari referensi untuk mengatasi masalah “for 2011 devices line, be sure you are not in MTP mode.”

Kurang dari satu jam, ada sebuah solusi untuk mengatasi hal ini. Yakni, ketika ada perintah untuk mengkoneksikan kabel USB ke PC, lakukan dengan cara sambil menekan tombol volume down. Tidak dengan tombol back seperti perintah yang ada dilayar. Solusi ini saya coba, akan tetapi belum juga berhasil.

Saya coba lagi membaca pelan-pelan solusi tersebut. Ternyata ada yang terlewatkan, yakni mengganti flash tool dengan versi yang lebih baru.

Sepeti yang saya sebutkan diatas tadi, sebelum saya flash Sony Xperia Miro, saya sudah pernah flash Sony Xperia W8 dengan flash tool versi 0.6. Akhirnya saya ganti dengan flashtool versi 0.9 dan menekan tombol volume down sebagai ganti dari tombol back. Dengan metode seperti ini, akhrinya saya berhasil mengatasi masalah “for 2011 devices line, be sure you are not in MTP mode.” dan flashing Sony Xperia Miro pun sukses.

Sebagi bukti, dan juga untuk mempermudah tutorial cara mengatasi pesan “for 2011 devices line, be sure you are not in MTP mode.” saat flashing Sony Xperia Miro, silahkan lihat video tutorialnya di atas.

Comments on this entry are closed.