Cara Atasi Invalid IMEI Setelah Custom ROM

by aries on October 8, 2015

Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel cara install custom rom Lenovo A369i Xperia Z4. Jadi, sebaiknya baca dulu artikel tersebut supaya nanti tidak terjadi kesalahpahaman.

Seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya, proses install custom rom Lenovo A369i Xperia Z4 berjalan lancar dan berhasil. Namun sayang, IMEI pada Lenovo A369i jadi hilang atau invalid imei. Awalnya, saya tenang-tenag saja karena saya pernah sukses mengatasi invalid IMEI pada Lenovo A369i. Jadi cara tersebut langsung saya terapkan untuk Lenovo A369i yang barusan saya install custom rom.

Setelah selesai melakukan step-step atasi invalid IMEI, saya cek dengan ketik *#06# dan hasilnya tetap sama alias invalid imei. Untuk itu, saya mencoba mengatasi invalid IMEI dengan MTK droid tool seperti pada Evercoss A12. Cara ini saya terapkan karena Lenovo A369i dan Evercoss A12 sama-sama berchipset MTK. Memang prosesnya berjalan mulus, namun sayang tidak sejalan dengan hasilnya (Lenovo A369i yang barusan di custom rom tetap invalid IMEI)

Karena sudah mentok, akhirnya saya flash Lenovo A369i dengan firmware original. Setelah selesai flash, secara otomatis Lenovo A369i menjadi seperti sedia kala sebelum di custom rom dan imei tidak invalid lagi.

Karena custom rom Xperia Z4 ini adalah permintaan user, jadi saya coba install custom rom lagi mulai dari awal (root Lenovo A369i, install cwm Lenovo A369i, lalu install custom rom). Semua proses tersebut berjalan sukses, namun lagi-lagi Lenovo A369i tetap Invalid IMEI.

Semua proses di atas, saya coba lebih dari satu kali, namun hasilnya masih tetap sama. Akhirnya saya coba gugling untuk mengatasi invalid imei setelah custom rom. Saya menemukan artikel yang menjelaskan seperti ini;

“Untuk mengatasi invalid IMEI setelah melakukan custom rom, cukup hapus semua isi folder NVRAM dengan menggunakan root explorer. Setelah itu restart HH-nya dan coba cek imei. Jika tidak berhasil, lakukan secara berulang-ulang. Pengalaman saya sampai tiga kali baru berhasil.”

Keterangan seperi di atas, saya coba lakukan meskipun saya sendiri tidak yakin dan merasa aneh. Bahkan lebih dari tiga kali saya coba. Namun hasilnya masih tetap sama.

Sebenarnya, dengan cara flash ulang menggunakan firmware original, Lenovo A369i kembali normal (tidak invalid IMEI) seperti saya sebut di atas. Namun, karena yang saya inginkan adalah custom rom Xperia Z4 dan imeinya juga tetap ada, untuk itu saya tetap mencari berbagai cara supaya bisa fix.

Setelah merenung sejenak, akhirnya saya teringat saat install CWM Lenovo A369i ada proses backup rom original-nya. Karena saya mempunya file backup-an yang di dalamnya mencakup file nvram, untuk itu saya langsung menerapkan metode restore imei. Berikut langkah-langkahnya

  1. Buka MTKdroid Tool, setelah spesifikasi HH terbaca klik Root agar bisa akses Root Shell lalu pilih Yes pada kotak dialog yang ditampilkan.
  2. Jika ada notifikasi tulisan ATTENTION blblba berwarna merah. Cabut kabel USB dari PC, lalu konekkan lagi. Secara otomatis akan langsung bisa akses root shell dengan ditandai warna hijau di bagian kiri bawah.
  3. Setelah itu, klik IMEI/NVRAM lalu pilih restore dan masukkn file nvram.bin dari hasil backupan. Dilanjut dengan masukkan file userdata_nvram_only.tar
  4. Setelah selesai, klik reboot dan coba cek IMEI-nya *#06#.

Dengan metode ini, saya berhasil mengatasi invalid IMEI yang terjadi setelah install custom rom. Sebagai bukti sekaligus untuk memprmudah tentang langkah-langkahnya, berikut ini saya sertakan panduan berupa tutorial videonya.

ALi November 11, 2015 at 1:04 pm

Thanks gan, its work dgn mereplace nvram.bin & userdata_nvram_only.tar

HANS GAMES January 19, 2016 at 2:05 pm

gan klo langgsung masukin imei nya tanpa backup an bisa kan gan?

Aris Ahmad January 21, 2016 at 2:13 pm

bisanya sih bisa, tapi terkadang tidak demikian dengan hasilnya. namun, tidak ada salahnya dicoba untuk eksperimen

erdi January 29, 2016 at 2:12 am

Gan kalo buat andromax c 3 bisa ga gan? Soalnya no imei nya ilabg gt sama meid nya bisa tolongg di bantu ga cara ngembaliinnya lagi

Aris Ahmad February 15, 2016 at 3:51 pm

Kalau sebelum di custom rom imei sudah hilang sepertinya tar juga ttp hilang. tapi untuk kpastiannya perlu diuji coba gan.

Comments on this entry are closed.