Cara Atasi Pesan Error Google Play Store Yang Sering Muncul PART 1

by Ummy Tsabit on September 2, 2015

Apakah kamu pernah mengalami, saat menemukan sebuah aplikasi atau game menarik di Goggle Play Store dan mencoba untuk mendownloadnya, tiba-tiba muncul pesan error yang tampaknya terdiri dari angka acak dari Play Store? Tentu hal ini akan cukup mengganggu bukan? Berikut akan kami ulas secara lengkap beberapa pesan error Google Play Store yang paling umum terjadi dan bagaimana solusi untuk mengatasinya :

cara atasi google play store error

Google Play Store Error DF-BPA-09 ‘Error Processing Purchase’

Masalah :

Google Play Error Processing Purchase DF-BPA-09  cukup sering terjadi saat kita mencoba mendownload sebuah aplikasi. Masalh ini tidak akan hilang jika kamu hanya cukup mencoba mendownloadnya sekali lagi, jadi yang harus kamu lakukan adalah merubah settingannya.

Solusi :

Masalah ini bukanlah disebabkan oleh individu pengguna, namun karena Google Play Store itu sendiri. Jadi, berharap saja semoga masalah ini bisa diatasi di masa mendatang. Untuk sementara ini, solusi yang bisa kamu lakukan adalah :

  • Pergi ke menu Setting di smartphonemu
  • Tekan menu Application atau App Manager
  • Geser terus ke bawah hingga melihat ‘Google Service Framework’
  • Lalu, pilih ‘clear data’ dan tekan OK

Jika cara ini tidak berhasil, pergi ke situs Google Play Store pada komputer PC, dan install aplikasi yang menimbulkan masalah pada smartphone atau tabletmu dari situs tadi. Saat kamu kembali ke perangkatmu, mestinya download sudah bisa dilakukan.

Google Play Store Error 194

Masalah : Error yang disebabkan saat kamu mencoba mendownload game atau aplikasi dari Google Play Store.

Solusi :

Satu cara untuk mengatasi issue ini adalah dengan membersihkan data sesampahan (cache) dari Google Play Service dan Google Play Store. Caranya :

  • Pergi ke Setting > Apps atau App Manager
  •  Gulir ke kolom ‘All apps’ dan lalu ke ‘Google Play Store’ app
  • Buka detail aplikasi dan tekan tombol ‘Force stop’
  • Lalu tekan tombol ‘Clear data’

Sekarang ulangi langkah-langkah diatas tapi ganti ‘Google Play Store’ dengan ‘Google Play Service’ pada langkah kedua lalu coba untuk melakukan download lagi. Jika masih belum berhasil juga, maka jangan khawatir! Masalah ini sudah bisa disingkirkan dalam aplikasi Google Play Store terbaru. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki Google Play Store APK terbaru dan kamu tidak akan mengalami hal ini lagi.

Google Play Store Error 495

Masalah : Masalah saat mendownload atau melakukan update aplikasi dari Google Play Store.

Solusi :

Hapus data Google Play Store-mu di Settings > Apps > All > Google Play Store > Clear data. Hapus juga data dari Google Services Framework. Hapus akun Google pada perangkatmu, reboot ponselmu, dan tambahkan kembali akun yang baru dengan cara pergi ke Settings > Accounts > Add Account > Google Account.

Google Play Store Error 941

Masalah : adanya gangguan saat proses update aplikasi.

Solusi :

Pergi ke Settings > Apps > All > Google Play Store dan tekan clear cache dan clear data. Ditempat yang sama, gulir terus ke bawah ke bagian Download Manager dan tekan clear cache dan data juga. Cobalah untuk melakukan update sekali lagi.

Google Play Store Error 504

Masalah : aplikasi tidak bisa didownload karena adanya suatu error.

Solusi :

Seperti biasanya, pergi ke Settings > Apps > All > Google Play Store dan tekan clear cache dan clear data. Juga lakukan clear cache dan data dari Google Services Framework.

Google Play Store Error 491

Masalah : tidak mungkin melakukan download dan update

Solusi :

Hapus akun Googlemu dengan pergi ke menu Setting pada perangkatmu, lalu pilih Accounts > Google. Tekan ‘remove account’. Reboot ponsel Androidmu dan tambahkan akun Google sekali lagi. Lanjut, di bagian setting, pergi ke menu Apps dan cari opsi ‘All’. Gulir ke Google Zservice dan klik clear data dan terakhir tekan force stop.

Google Play Store Error 498

Masalah : gangguan saat mendownload di Google Play Store

Solusi :

Masalahnya dalah sesampahan dari perangkatmu sudah penuh. Hapus aplikasi dan data yang tidak perlu. Restart smartphonemu dalam mode recovery dengan menekan tombol volume down, power, dan tombol home (bagi ponsel Samsung), atau tombol volume down dan power (bagi kebanyakan merek ponsel). Lalu, pilih ‘wipe cache partition’ dan konfirmasi dengan menggunakan tombol power.

Comments on this entry are closed.