Cara atasi There is a problem with this website’s security certificate

by aries on November 11, 2014

Saat sedang browsing dengan peramban internet explorer tiba-tiba muncul “There is a problem with this website’s security certificate”. Pesan eror ini akan sangat kentara saat kamu membuka situs facebook. Jika dipaksakan hasilnya tampilan facebook di desktop akan terlihat seperti tampilan versi mobile (bahkan lebih parah lagi). Saat saya ganti dengan firefox, pesan eror masih tetap sama meski bahasanya beda. Artinya firefox juga memberikan keterangan kalau ada certificate yang expired.

Cara atasi There is a problem with this website's security certificate
Cara atasi There is a problem with this website's security certificateIni adalah pesan eror yang saya jumpai untuk kedua kalinya. Pertama pesan eror ini belum terselesaikan walaupun saya sudah instal ulang windows xp – nya. Saat itu, saya tidak menemukan solusi yang praktis. Dan akhirnya saya putuskan untuk mengganti instalasi windows xp dengan menginstal Windows 7, tanpa mengetahui persis penyebab dari pesan eror tersebut.

Setelah sekian lama, pesan eror tersebut saya jumpai lagi, namun di komputer lain. Sebagai solusinya adalah update internet explorer-nya ke versi yang lebih baru. Namun, hal ini tidak menyelesaikan masalah. Solusi kedua, saya update versi firefox terbaru. Hal ini juga tidak menyelesaikan masalah dan pesan eror “There is a problem with this website’s security certificate” tersebut masih tetap saja muncul. Kemudian, saya coba ganti dengan peramban milik google. Ternyata google chrome juga menyatakan ada certificate yang expired. Sempat berfikir untuk mengganti Windows XP dengan Windows 7 seperti yang saya lakukan pertama kali. Namun, tentunya ini bukan solusi yang tepat. Karena kebetulan, komputernya jadul dan sebagian dari driver tidak support untuk Windows 7 (hanya support buat windows xp).

Setelah mencari beberapa referensi ke sana kemari, bahkan membaca solusi yang ditawarkan oleh internet explorer tetap saja saya tidak dapat mengatasi pesan eror ini. Namun, pencarian referensi terus saya lakukan dan akhirnya ketemu juga solusinya. Sangat mudah sekali, cukup update tanggal, bulan dan tahun. Selengkapnya, kamu bisa lihat video tutorialnya di bawah ini.

Ternyata hal mudah kalau kita tidak tahu akan tetap saja sulit. Saya jadi ingat saat ada tetangga saya minta bantuan tentang error copy file di windows xp-nya. Disana juga mudah sekali solusinya. 🙂

Comments on this entry are closed.