Cara Back up Aplikasi Menjadi File APK di HP Android

by Ummy Tsabit on April 29, 2016

Perangkat Android kini sangat populer karena mampu memberikan fitur-fitur keren dengan harga murah jika dibanding dengan iOS atau OS mahal lainnya. Android juga sangat flesksibel karena kita bisa menginstal sendiri UI favorit dengan menginstal Custom ROM. Namun untuk bisa melakukan hal teresebut, kamu memerlukan akses root terlebih dulu.

Selain itu, sebenarnya sudah tersedia beragam aplikasi dan game di Google Play Store, namun kita harus menginstalnya langsung dari sana. Dan tentu itu membutuhkan waktu yang cukup lama dan konseksi internet yang cepat dan stabil. Di sinilah file APK biasanya menjadi alternatif pilihan lain bagi para pengguna. Ada beberapa alasan mengapa sebagian orang lebih suka dengan file APK. Mungkin saja mereka tidak memiliki akses internet namun ingin memiliki beragam aplikasi keren Android yang sudah tersedia di perangkat teman atau sebaliknya. Atau kamu mungkin ingin membuat cadangan dari aplikasi favorit dan menyimpannya di komputer PC. Atau ingin menghemat ruang penyimpanan ponsel dengan mempertahankan aplikasi yang diinginkan, namun tidak ingin menghapus aplikasi lain secara permanen.

File APK merupakan sebuah program installer untuk sistem operasi Android seperti layaknya file .exe untuk Windows, sehingga akan langsung terinstal di perangkatmu. Jadi setelah instalasi, file ini tidak akan tersedia secara normal bagi setiap orang untuk bisa saling berbagi atau diinstal ke perangkat lain seperti halnya kita bisa saling berbagi setup Windows Software. Sehingga, perangkat lain harus mendownload aplikasi atau game ini kembali di perangkat Android mereka dan mengekstrak file APK tersebut. Untuk mengatasi masalah seputar sharing file .apk ini, berikut akan kami ulas tentang bagaimana cara back up aplikasi menjadi file APK dari sebuah aplikasi Android dan dengan mudah membagikan dan menginstalnya di perangkat lain :

Cara #1 : Back up file APK dengan menggunakan APK Extractor

APK Extractor adalah salah satu aplikasi Android paling populer untuk back up aplikasi menjadi file APK yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini akan memungkinkanmu untuk mengekstrak file APK dari Aplikasi yang terinstal di perangkat Android. APK Extractor juga memungkinkanmu untuk mengambil cadangan dari setiap App dan memindahkannya ke kartu SD atau perangkat lain seperti komputer dan Laptop dan juga memungkinkanmu untuk meng-upload ke Google Drive. Sekitar 5 Juta pengguna sudah menginstal aplikasi ini. Setelah mendapatkan file APK, kamu dapat berbagi dengan orang lain.

Fitur-fitur yang tersedia dia APK Extractor antara lain adalah :

1. Bisa back up aplikasi menjadi file APK dari hampir semua Aplikasi termasuk sistem aplikasi inbuilt.
2. Tidak memerlukan akses root.
3. menyediakan pilihan pencarian untuk mencari aplikasi yang berbeda.
4. Aplikasi ini dapat mengekstrak beberapa file apk sekaligus secara bersama-sama.
5. Kompatibel untuk perangkat mulai dari Android versi 2,2 (Ginger Bread) hingga v. 5,0 (Lollipop).

Berikut adalah langkah-langkah untuk back up aplikasi menjadi file APK dengan APK Extractor :

  • Instal APK Extractor dari Play Store ke perangkat Androidmu.
  • Kamu juga bisa mendownload aplikasi file manager untuk menemukan letak file .apk setelah mengekstrak filenya. Secara default, file ini akan tersimpan di /sdcard/ExtractedApks/.
  • Buka aplikasi APK Extractor di perangkatmu.
  • Setelah kamu menjalankan aplikasinya, maka kamu akan melihat daftar aplikasi yang sudah terinstal di perangkatmu.
  • Pilih file mana yang ingin kamu backup untuk dijadikan file apk.
  • Kamu juga bisa membagikan file .apk tersebut ke perangkat lain dengan cara memilih opsi ‘Share’.
  • Lalu tekan tombol menu > setting untuk mengubah path dimana kamu ingin menyimpan filenya.

Cara #2 : back up aplikasi menjadi file APK menggunakan ES File Explorer

ES file explorer adalah salah satu aplikasi file manager paling terkenal yang tersedia di Play Store secara gratis. ES file explorer tidak hanya akan memenej file namun juga bisa melaksanakan berbagai tugas seperti download manager, task killer, cloud storage client, file sharing, dan masih banyak yang lain. Aplikasi ini juga tersedia dalam 30 bahasa yang berbeda. ES file explorer juga kompatibel dengan semua versi android dari yang terdulu hingga terkini. Aplikasi ini juga menyediakan dukungan untuk beragam jenis file mulai dari text, images, audio, Rar, hingga ZIP. Salah satu fitur canggih dari ES file explorer adalah bisa back up aplikasi menjadi file APK dari aplikasi yang terinstal dan menyediakan fasilitas sharing juga. Kurang lebih sudah 300 juta pengguna telah menginstal aplikasi ini.

Berikut adalah cara mengkestrak file .APK menggunakan ES File Explorer ;

  • Instal dan download ES file explorer dari Play Store
  • Buka aplikasinya dan jalankan di perangkatmu.
  • Lalu klik ikon humburger di pojok kanan atas (tiga garis vertikal) lalu navigasikan ke menu Tool.
  • Di menu tool, pilih application manager.
  • Di bagian application manager, kamu akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di perangkatmu.
  • Pilih file mana yang ingin kamu ekstrak menjadi file apk.
  • Klik tombol Backup dan file .apk milikmu akan mulai diekstrak.
  • Pilih path di mana kamu ingin menyimpan filenya.

Comments on this entry are closed.