Cara Back Up Aplikasi Offline di Android

by Siti Eka Kurniati on December 17, 2015

Backup tentunya bukanlah hal asing yang harus dilakukan oleh Android. Backup bisa dilakukan secara online dan offline. Pada artikel sebelumnya kami sempat membahas tentang cara backup aplikasi secara online . Dan pada kali ini kami akan sedikit berbagi mengenai backup aplikasi secara offline. Dan juga terdapat banyak hal hal yang mengharuskan kita untuk membackup Aplikasi seperti contohnya aplikasi tersebut terkena virus, gagal update ataupun hanya sekedar menyisakan memori pada Android saja.

Banyak aplikasi yang menawarkan keuntungan backup offline. Kita lebih bisa menghemat kuota contohnya, hehe. App Backup & Restore adalah salah satu software yang dapat diunduh melalui PlayStore . Diproduksi @2009-2013 INFOLIFE LLC, All Right Reserved #3.2.5. Setidaknya itulah versi yang saya pergunakan. Versi ini bisa saya bilang termasuk versi yang sudah disempurnakan karena pada versi sebelumnya terdapat beberapa bug dan sudah dihilangkan pada versi ini,

App Backup & Restore bisa membackup aplikasi yang telah terinstal menjadi format “.apk” kembali. Aplikasi yang terinstal pada Memori telepon maupun aplikasi yang terinstal pada Memori External. Tujuan ini berfungsi apabila Aplikasi anda mengalami masalah seperti misalnya sering Force Close, Freeze ataupun Loading lama. Cara back up Aplikasi offline di Android bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut :

  1. Kita pilih Aplikasi yang akan di BackupAppBackUp1
  2. Ketuk aplikasi yang ingin di Backup, dan perlu diketahui kita dapat membackup aplikasi lebih dari satu sekaligusAppBackup2
  3. Setelah itu ketuk tombol BackupAppBackup4
  4. Tunggu beberapa saat sampai bar penuhAppBackup3
  5. Ketuk  bila tulisan sudah mencapai proses 100%AppBackup5
  6. Selanjutnya aplikasi yang anda back up akan ada di tab RestoreAppBackup6

Permasalahan yang diakibatkan pada aplikasi yang seperti disebutkan diatas akan terselesaikan apabila kamu mengikuti langkah tersebut secara runtun. Tapi tidak semua permasalahan yang berefek seperti tersebut bisa diatasi dengan backup dan pulihkan. Karena tujuan utama dari Backup dan restore adalah untuk menyimpan kembali aplikasi kedalam bentuk “.apk” agar bisa mengurangi kapasitas pemakaian memori sistem yang telah terpakai.

Dan apabila kita ingin menginstalnya kembali maka kita tidak perlu mendownload ulang. Hanya perlu menggunakan fasilitas Restore yang telah tersedia.

Hanya sedikit cara untuk menghemat kuota internet yang mungkin akan bermanfaat bila tepat penggunaanya.

Comments on this entry are closed.