Cara Back Up SMS dengan Mudah

by Siti Eka Kurniati on December 22, 2015

Tentunya kamu punya kenangan dong di history SMS kamu dan mungkin ingin terus mengingatnya. Atau mungkin ada nomor atau identitas penting dalam SMS kamu. Seperti halnya jika kamu berbagi SMS ke seluruh dunia secara gratis dan ingin tersimpan dalam memory. Dan apabila ponsel kamu terjadi sesuatu yang tak diinginkan dan menyebabkan seluruh file hilang, maka akan membuatmu depresi. Jangan khawatir, hari ini saya akan membagikan cara back up SMS dengan mudah. Pasti kamu sudah  tidak sabar, baiklah saya juga akan langsung saja menjelaskannya dari pada kamu keburu penasaran, hehe.

Langkah langkah cara back up SMS dengan mudah adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan pengaturan IMAP pada akun Gmail Kamu dengan mengunjungi tautan ini via PC. Berikutnya, Kamu tinggal memberi tkamu centang di samping kotak Aktifkan IMAP/Enable IMAP dan menekan simpan perubahan atau save changes.
  2. Sesudah itu, silakan instal aplikasi SMS Backup+ dari Play Store. Pastikan akun GMail pada perangkat Android Kamu menggunakan akun yang sama dengan akun GMail yang dipakai pada langkah pertama diatas.
  3. Berikutnya Kamu akan disuguhi oleh tampilan seperti pada gambar. Beri tkamu centang pada kotak di sebelah Connect.
  4. Pilih akun GMail yang ingin Kamu gunakan sebagai tempat backup.
  5. Berikan persetujuan untuk memberi izin SMS Backup + untuk melihat dan mengelola akun GMail Kamu dengan menekan OK. Kamu akan diminta sekali lagi untuk memilih akun GMail Kamu seperti pada langkah sebelumnya.
  6. Begitu Kamu selesai memilih, SMS Backup+ akan bertanya kepada Kamu apakah akan membackup SMS Kamu. Agar SMS Backup+ dapat bekerja dengan normal, saya menyarankan Kamu untuk memilih Backup saat pertama kali menginstal aplikasi ini.
  7. Untuk mengembalikan SMS, Kamu cukup menginstal aplikasi yang sama. Ulangi langkah hamper sama dengan cara backup SMS

BackUp Memori ke Perangkat

  1. Meski pengguna dapat melakukan backup pada perangkat dengan sistem operasi Android KitKat, namun Kamu tidak akan dapat melakukan restore SMS dengan cara diatas. Untuk itu Kamu dapat menggunakan aplikasi Super Backup: SMS & Contacts.
  2. Sebelum melakukan backup silakan tentukan lokasi penyimpanan backup Kamu. Jika ponsel Kamu memiliki slot kartu microSD silakan pilih memori eksternal sebagai lokasi default backup Kamu.
  3. Berikutnya pilih SMS Backup dan lanjutkan dengan Backup. Jika Kamu ingin melakukan backup sms dalam bentuk threaded messages layaknya tampilan pesan SMS Android, maka pengguna dapat memilih Backup Conversation.
  4.  Seluruh pesan SMS akan dibackup ke dalam folder yang telah Kamu tentukan dalam bentuk file berformat .xml.
  5. Untuk mengembalikan pesan SMS ke perangkat baru, Kamu harus memindahkan lebih dulu file xml tersebut ke memori perangkat tersebut. Jika Kamu ingin mereset ponsel Kamu, jangan lupa copy lebih dulu file xml ke kartu microSD Kamu.
  6. Sesudah menginstal Super Backup: SMS & Restore pada perangkat baru, silakan masuk ke SMS Backup dan jalankan restore. Berikutnya pilih file xml yang Kamu gunakan sebagai file backup dan pesan sms akan secara otomatis tampil.

Demikian cara back up SMS dengan mudah. Semoga bisa membantu dan menyelamatkan hal penting dalam pesan SMS kamu.

Comments on this entry are closed.