Cara Backup Atau Menyimpan Data Facebook

by Ummy Tsabit on June 13, 2016

Untuk beberapa alasan tertentu, kamu telah memutuskan untuk meninggalkan Facebook dan menghapus akun Facebookmu secara permanen. Meski begitu, kamu masih akan kelimpungan dengan semua riwayat dan informasi yang sudah kamu taruh semuanya di Facebook setelah beberapa tahun terakhir, karena itu semua bisa lenyap. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu masih bisa membackup data-datamu ke komputer PC.

cara backup data facebook

Bahkan, jika kamu tidak ingin menghapus akun Facebookmu, namun kamu juga masih perlu mempertimbangkan untuk memback-up data-data Facebookmu. Meski sudah ada tindakan pencegahan Facebook yang diperlukan untuk memastikan bahwa datamu aman, namun membuat cadangan data sendiri merupakan suatu ide yang bagus. Karena bisa saja fitur backup Facebook dinonaktifkan, dan itu akan sangat mengganggu. Jadi, sesekali memback-up data Facebook mu sangatlah masuk akal.

Selama bertahun tahun, mungkin sudah ada banyak sekali informasi yang telah dikaitkan dengan akun Facebookmu, dan jika kamu ingin menghapus akunmu secara permanen, maka kamu mungkin ingin menyimpan data-data ini. Segala sesuatu mulai dari foto, informasi kontak, pesan, dan postingan yang telah kamu shared di Facebook bisa disimpan, dan kamu juga bisa mengakses berbagai info seperti iklan yang pernah kamu klik, dan lain-lain. Jika datanya tidak banyak, maka kamu bisa menyimpan pesan aatau downloadan foto secara manual (satu per satu), namun jika datanya banyak, dan kamu ingin menyimpan semuanya, maka berikut adalah caranya :

  • Setelah login ke akun Facebookmu, buka halaman Setting dengan cara mengklik tanda anak panah kecil ke bawah yang ada di pojok kanan atas halaman Facebook, dan klik “Setting”.
  • Di bagian halaman “General Account setting” (pengaturan umum akun), maka cari dan klik opsi “Download a copy of your Facebook data” (unduh salinan data Facebook Anda).
  • Klik tombol “Start My Archive” (mulai arsip Saya). Kamu akan diharuskan untuk memasukkan kembali passwordmu, dan lalu klik tombol tadi sekali lagi. Begitu arsipnya sudah siap untuk di download, maka kamu akan mendapatkan notifikasi dan link downloadnya via email. Dan ingat bahwa lamanya proses ini tergantung pada seberapa banyak informasi yang akan diarsipkan, dan mungkin akan butuh waktu beberapa jam bagimu untik bisa menerima emailnya.
  • Begitu kamu mendapatkan email, klik linknya, dan pada halaman yang terbuka, klik “Downolad Archieve” (download arsip).
  • Masukkan paswordmu dan tekan Submit.

Datamu sekarang akan mulai di download.  Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ukuran dari downloadan ini bisa bervariasi tergantung pada seberapa sering kamu menggunakan Facebook, dan apa saja yang sudah kamu upload ke Facebook selama beberapa tahun terakhir.

Sebagian besar pengguna akan mendapatkan folder HTML yang akan berisi link lokal untuk berbagai gambar yang juga termasuk dalam arsip download, serta link ke pesan dan informasi menarik lainnya yang mungkin kamu sudah melupakannya selama bertahun-tahun.

Comments on this entry are closed.