Cara Backup dan Restore Imei Asus Zenfone C

by aries on February 20, 2016

Jika Anda pemilik smartphone Asus Zenfone C, ada baiknya untuk melakukan backup imei sebelum imei tersebut hilang atau invalid imei. Penyebabnya sendiri ada dua, satu dari sisi hardware (biasanya IC baseband) dan yang kedua dari sisi software.

Dari sisi software, smartpone Asus Zenfone C (sebenarnya tidak hanya Zenfone C saja, semua tipe Asus Zenfone seperti Zenfone 5, 6 dkk) sering sekali mengalami invalid imei setelah upgrade atau downgrade software. Saya sendiri tidak mengerti kenapa smartphone tipe ini rentan akan invalid imei.

Sebelum semua ini terjadi, ada baiknya kita lakukan backup imei untuk kemudian di restore jika suatu saat hp Asus Zenfone C kita mengalami imei null. Berikut langkah-langkah cara backup dan restore imei Asus Zenfone C;

Backup Imei Asus Zenfone C

  1. Pastikan Asus Zenfone C sudah di root terlebih dahulu, jika belum Anda bisa baca cara root Asus Zenfone C yang sudah saya lengkapi dengan panduan berupa tutorial videonya.
  2. Setelah root, install aplikasi Terminal Emulator yang bisa Anda unduh dari PlayStore.
  3. Buka Terminal Emulator, ketik su lalu enter. Jika ada popup muncul, klik ijinkan
  4. Setelah itu ketik dd if=/dev/block/mmcblk0p3 of=/sdcard/mmcblk0p3.img lalu ketuk enter
  5. Backup imei Asus Zenfone C akan sukses jika ada notifikasi seperti gambar di bawah ini
  6. Setelah itu cek di memori internal, maka di sana ada file dengan nama mmcblk0p3.img. Simpan file tersebut, kalau perlu pindah ke PC agar file tersebut aman.

Restore Imei Asus Zenfone C

  1. POIN PERTAMA INI SANGAT PENTING!!. Sebelum melakukan restore IMEI, pastikan baseband atau versi pita basis sudah ready (bukan “unknown” atau “tidak diketahui”). Jika demikian, maka tidak akan work dengan restore IMEI ini.
  2. Pastikan file mmcblk0p3.img sudah Anda copy ke internal, jika belum punya bisa bisa download file imei tersebut dari situsĀ bit.ly/1VtPpIQ [password hubungi kami via halaman kontak]
  3. Caranya sama seperti di atas (Backup Imei Asus Zenfone C), hanya saja pada bagian No. 5, perintah diganti menjadi dd if=/sdcard/mmcblk0p3.img of=/dev/block/mmcblk0p3 lalu tekan enter
  4. Setelah proses selesai, silahkan restart Asus Zenfone C Anda
  5. Setelah nyala, coba cek imei *#06#

Untuk mempermudah tentang cara Backup dan restore imei Asus Zenfone C V4.11.40.155 for WW SKU, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial video;

Jika dengan cara di atas tidak berhasil alias tetap invalid imei (imei null), coba lakukan upgrade atau downgrade Imei Asus Zenfone C baru kemudian imei di restore jika memang imei masih saja invalid. Kalau dengan cara ini masih saja tidak bisa, ada kemungkinan terjadi kerusakan dari sisi hardware seperti yang saya katakan di atas.

Comments on this entry are closed.