Cara Backup dan Restore IMEI dengan MTK Droid Tool

by aries on November 3, 2015

Melihat judul artikel “Cara Backup dan Restore IMEI dengan MTK Droid Tool” sangat jelas bahwa Android yang dimaksud di sini adalah Android yang berchipshet MTK, bukan Android dengan chipset Qualcomm.

Backup IMEI ini sangat dianjurkan untuk kamu yang akan nguprek HP Androidnya. Misalnya mau install custom rom, upgrade firmware, dan lain sebagainya. Biasanya perubahan dari rom asli akan berakibat pada IMEI yang tidak valid alias invalid imei. Tidak ada salahnya kan, sedia payung sebelum hujan meski akhir-akhir ini hujannya nggak datang-datang 😀

Tujuan dari pembuatan artikel ini, selain untuk memberi panduan bagi mereka yang membutuhkan, juga untuk menjawab pertanyan dari salah satu user yang komen di chanel youtube alltutorial.net. Begini pertanyaannya;

Gan, awalnya sy pakai ROW S110 trus upgrade ROW 201 sukses. Tiba-tiba imei tidak valid. Saya coba flashing ROW 201 tp tetap imei tak valid. Dan sekarang sy downgrade ke ROW 110 dan imei terbaca. Gimana caranya upgrade ROW 201 dan imei jadi terbaca simcard. Terimakasih pak.. Mohon bantuanya.

Cara Backup dan Restore IMEI dengan MTK Droid Tool

Pertanyaan Agan Agus akan kami jawab nanti di bagian akhir artikel. Di sini saya akan langsung menjelaskan step-step backup IMEI dengan MTK Droid Tool;

Backup IMEI

  1. Pastikan HH sudah di root, jika belum bisa baca cara root Android dengan Kingo Root.
  2. Aktifkan mode usb debugging, caranya bisa baca disini
  3. Koneksikan HH ke PC, lalu buka MTK Droid Tool, tunggu beberapa saat hingga phone information menampilkan detil hardware milik Anda.
  4. Untuk bisa melakukan backup IMEI, kita harus akses root shell. Caranya; klik ROOT yang ada di MTK Droid Tool.
  5. Akses root akan sukses jika pada bagian kiri ada warna hijau lengkap dengan nama HH-nya yang sudah tertera (root-shell)
  6. Klik IMEI/NVRAM, pada kotak dialog yang ditampilkan pilih Backup IMEI. Jangan lupa centang pada bagian (bin regional) dan (folder with file)
  7. File hasil backup IMEI akan tersimpan di folder MTK Droid Tool, tepatnya pada bagian subfolder BackupNVRAM.

Restore IMEI

Jika suatu saat IMEI Android hilang setelah install custom rom atau melakukan firmware upgrade, kita tinggal melakukan restore IMEI. Caranya sama seperti langkah di atas, hanya saja yang kita pilih tentunya adalah restore kemudian masukkan file yang diminta dari folder BackupNVRAM tadi. Setelah selesai, restar HH-nya.

Untuk mempermudah tentang cara Backup IMEI, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Sedangkan untuk menjawab pertanyaan di atas, lakukan downgrade firmware setelah itu backup IMEI. Kemudian flash Lenovo A369i dengan ROW 201. Setelah selesai, kita restore IMEI dari hasil backup tadi.

Comments on this entry are closed.