Cara Backup Kontak Di HP Android

by Ummy Tsabit on May 8, 2016

Menggunakan ponsel Android, membuat kita bisa memasukkan berbagai macam bentuk file baik berupa lagu, video, dokumen, kontak, game, aplikasi, hingga film ke dalamnya. Namun, dengan banyaknya jumlah data yang kita simpan di ponsel, mengharuskan kita untuk menjaganya agar bisa tetap tersimpan dengan aman. Disinilah peran aplikasi Backup Android sangatlah penting. Selain itu, Google juga telah menyediakan fitur Sinkronisasi ke Google Drive atau akun Gmail untuk backup, namun untuk dapat melakukannya kita memerlukan koneksi internet yang cepat. Salah satu data terpenting yang perlu untuk di backup adalah kontak. Tentu repot bukan, jika daftar nomer ponsel penting dari anggota keluarga, teman, atau rekan bisnis yang tersimpan dalam ponsel menjadi hilang sebab ponsel tiba-tiba bootloop, hilang, atau di curi orang?

Jadi, untuk jaga-jaga, kita harus selalu membuat backup dari semua daftar kontak yang kita miliki. Untuk itu, kali ini akan kami ulas bagaimana cara melakukan backup kontak di ponsel Android :

Cara Backup Kontak Di Ponsel Android

Metode #1: Backup Kontak Android ke SD card

Aplikasi Kontak merupakan aplikasi bawaan Android yang pasti ada di setiap perangkat Android. Aplikasi ini digunakan untuk mengatur daftar kontak yang ada di perangkat Android yang kita miliki, menyimpan nomer kontak yang baru dan memungkinkan kita untuk melakukan backup kontak ke SD card atau SIM card. Sehingga kita bisa mentransfer daftar kontak ini ke PC atau perangkat yang lain.

Berikut adalah langkah-langkah untuk backup kontak ke SD crad :

  • Buka menu di ponsel Androidmu dan pilih aplikasi ‘Kontak’.
  • Klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih opsi ‘Import / Export’.
  • Sekarang kamu bisa melihat menu yang muncul di bagian Import / Export. Lalu pilih export to external storage.
  • Di beberapa perangkat yang lain mungkin akan muncul menu yang berbeda, yakni ‘Copy Contacts From’, pilih lokasi tempat di mana kontak tersimpan, lalu selanjutnya akan muncul menu ‘Copy Contacts To’, lalu pilih lokasi tempat dimana kontak akan di backup.

Dengan melakukan langkah di atas, kamu bisa backup kontak Androidmu ke SD Card. Backup ini biasanya akan disimpan di file Vcard di SD card.

Metode #2 : Backup Kontak dari Android ke Gmail

Anda juga dapat membuat cadangan kontak telepon Android pada AkunGmail milikmu dengan menggunakan langkah-langkah sederhana berikut ;

  • Buka menu Android dan temukan menu Setting (Pengaturan). Anda juga dapat membuka menu Setting dengan menggeser ke bawah menu drop down home screen.
  • Pada Setting, gulir terus ke bawah untuk menemukan menu ‘Accounts‘.
  • Setelah itu Login ke Akun Gmail milikmu dan tekan ikon Sync, pilih ‘Contact.’ Ini akan memakan waktu beberapa menit.

Metode #3 : Backup Kontak dengan Aplikasi Backup

MobileGo adalah aplikasi yang efisien untuk berbagi data perangkat Android dengan komputer. Kita dapat mentransfer data ke dan dari Android ke komputer dan sebaliknya. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengambil cadangan dari kontak hanya dengan satu kali klik.

Langkah-langkah untuk Backup Kontak Di Android :

  • Download dan Instal aplikasi MobileGo Wondershare di PC Anda. Jalankan Aplikasinya.
  • Hubungkan perangkat Android mu dengan WiFi atau melalui kabel USB. Software otomatis akan mendeteksi perangkat Android milikmu dan menunjukkannya di Jendela utama.
  • Sekarang klik pada tab ‘kontak’ untuk membuka jendela manajemen kontak.
  • Dalam Window manajemen kontak, kamu akan melihat daftar kontak ponselmu.
  • Pilih kontak dan klik pada tombol Import / Export.
  • Sekarang lihat menu drop down. Dalam menu pilih opsi export selected contacts to computer atau export all contacts to computer.
  • Sekarang Daftar kontak sudah siap dan kamu dapat melihatnya menggunakan Outlook Express, Jendela buku alamat, dll di file vCard.

Comments on this entry are closed.